Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
Vol 1, No 1 (2021): PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINS DAN TEKNOLOGI 11 2021

Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah sebagai Upaya Mitigasi Bencana

Gayatri Hanna Permanasari (Universitas Diponegoro)
Suherman Suherman (Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2021

Abstract

Bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah sebagian besar merupakan bencana akibat perubahan iklim yang disebabkan oleh peningkatan aktivitas manusia dalam menggunakan sumber daya alam. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, pendidikan adalah salah satu cara meningkatkan kemampuan masyarakat sebagai upaya mitigasi untuk mengurangi risiko bencana. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitis pada studi kasus di SMK Negeri 1 Adiwerna, dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana strategi penerapan pendidikan lingkungan hidup di sekolah dalam membangun sebuah kota tahan bencana. Integrasi pendidikan lingkungan hidup dalam kurikulum sekolah yang merupakan bagian dari pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan harus disusun dengan memperhatikan isu-isu lingkungan hidup daerah untuk dapat memberikan kondisi nyata bagi peserta didik tentang permasalahan lingkungan hidup yang ada di sekitarnya. Budaya peduli lingkungan hidup yang dipelajari di sekolah dan dipraktikkan melalui penugasan di rumah bagi peserta didik dapat digunakan sebagai media transfer informasi, pengetahuan, perilaku, dan pembiasaan bagi masyarakat luas dalam membangun sebuah kota tahan bencana.

Copyrights © 2021