Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam
Vol. 6 No. 2 (2022): Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam

Pengaruh Penggunaan Media Chromebook Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Agus Supriyadi (Unknown)
Abdul Muis (Universitas Ibrahimy)
Lolita Hidayati (UIN Walisongo)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2022

Abstract

Seiring berjalannya teknologi yang terus berkembang, sekolah dianggap perlu untuk mengikuti perkembangan teknologi dalam hal sarana dan prasarana yang dipakai termasuk media pembelajaran. Dalam penelitian ini metode yang digunakan ialah jenis kuantitatif. Teknik analisis datanya ialah menggunakan analisis statistik deskriptif dan analilsis korelasi product moment. Untuk menguji hipotesis, menggunakan bantuan program SPSS versi 16.0. Sedangkan pengumpulan data, digunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Setelah dilakukan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran chromebook bagi siswa termasuk kategori baik. Sedangkan untuk motivasi belajar siswa ketika menggunakan media pembelajaran chromebook, termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan perhitungan pada tabel correlation pada SPSS dimana koefisien korelasi adalah 0,543 dengan signifikasi 0,000. Karena signifikasi <0,05, maka Ho ditolak berarti Ha diterima dan r hitung> r tabel 0,543 > 0,254. Kesimpulannya terdapat pengaruh yang sangat kuat penggunaan media pembelajaran chromebook terhadap motivasi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Asembagus

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edupedia

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

This journal has a deep concern on issues of general education study and the study of Islamic education. We are so pleased to invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of education to publish their manuscripts in our journal. The Journal Edupedia: Studi ...