Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 3 No. 1 (2022): Juni

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 MAHASISWA SEMESTER VIII UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI TULUNGAGUNG

Dwi Kartika Sari (Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung)
Nanis Hairunisya (Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran daring terhadap semangat belajar selama masa pandemi covid 19; 2) Mengetahui pengaruh perhatian orangtua terhadap semangat belajar selama masa pandemi covid 19; 3)Mengetahui pengaruh model pembelajaran daring dan perhatian orangtua terhadap semangat belajar selama masa pandemi covid 19. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian mahasiswa semester VIII Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung, yaitu berjumlah 96 mahasiswa dari berbagai prodi . Metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisa data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan rumus regresi linier berganda yaitu Y = 87,062 + 0,069 + 0,474. Dari hasil analisis Uji t terbukti besar nilai thitung < ttabel yaitu sebesar 0,481 < 1,985 untuk variabel model pembelajaran daring. Sedangkan untuk variabel perhatian orangtua memiliki nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,431 > 1,985, Apabila thitung < ttabel, maka nilai hipotesis nol (H0) di terima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan dari hasil kedua variabel diatas bahwa tidak terdapat pengaruh antara model pembelajaran daring (X1) terhadap semangat belajar (Y) sedangkan pada variabel perhatian orangtua (X2) memiliki pengaruh terhadap semangat belajar (Y) mahasiswa semester VIII Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021. Sedangkan hasil dari analisis Uji F, berdasarkan data menunjukkan bahwa Fhitung (3,192) > Ftabel (3,09) dan tingkat signifikan 0,046 < 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa H0 dalam penelitian ini di tolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel model pembelajaran daring (X1) dan perhatian orangtua (X2) terhadap semangat belajar (Y) semester VIII Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021 Koefisien determinasi variabel bebas (Adjusted R Square) adalah 0,044 atau sumbangan efektif dari kedua variabel bebas yaitu pengaruh model pembelajaran daring dan perhatian orangtua yaitu 28,8% terhadap semangat belajar dan sisanya sebesar 72,2% di jelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Perhatian Orang Tua, Semanagat Belajar. ABSTRACT This study aims to determine 1) the effect of online learning models on the spirit of learning during the covid 19 pandemic; 2) Knowing the effect of parental attention on the spirit of learning during the COVID-19 pandemic; 3) Knowing the influence of online learning models and parental attention on the spirit of learning during the COVID-19 pandemic. The sample in this study were some students in the VIII semester of the University of Bhinneka PGRI Tulungagung, which amounted to 96 students from various study programs. Methods of data collection using a questionnaire. Analysis of quantitative data in this study using multiple linear regression formula, namely Y = 87,062 + 0.069 + 0.474. From the results of the t-test analysis, it is proven that the value of tcount < ttable is 0.481 < 1.985 for the online learning model variable. As for the parental attention variable, the value of tcount > ttable is 2.431 > 1.985. If tcount < ttable, then the null hypothesis (H0) is accepted and the alternative hypothesis (Ha) is rejected. Thus, it can be concluded from the results of the two variables above that there is no influence between the online learning model (X1) on the spirit of learning (Y) while the parental attention variable (X2) has an influence on the enthusiasm for learning (Y) of semester VIII students at Bhinneka University PGRI Tulungagung. Teaching 2020/2021. Meanwhile, the results of the F test analysis, based on the data, show that Fcount (3.192) > Ftable (3.09) and a significant level of 0.046 <0.05 so that the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. Therefore, it can be concluded that H0 in this study is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant influence between the online learning model variables (X1) and parental attention (X2) on the spirit of learning (Y) semester VIII Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung Academic Year 2020/2021 The coefficient of determination of the independent variable (Adjusted R Square) is 0.044 or the effective contribution of the two independent variables, namely the influence of online learning models and parental attention, which is 28.8% on enthusiasm for learning and the remaining 72.2% is explained by other variables not examined. Keywords: Online Learning, Parental Attention, Passion for Learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...