Soal USPBK yang disusun sendiri oleh guru mata pelajaran sejarah belum diketahui apakah sudah memenuhi standar atau belum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal USPBK SMAN 2 Kota Probolinggo mata pelajaran sejarah tahun pelajaran 2020/2021 pada tingkat kesukaran, validitas, reliabilitas, efektivitas pengecoh, dan daya pembeda soal. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan mixed method (metode campuran), dengan teknik pengumpulan data dokumentasi, dan teknik analisis deskriptif. Peneliti menggunakan dua program komputer dalam menganalisis butir soal, yaitu SPSS dan ITEMAN MicroCAT Version 3.00. Hasil penelitian disimpulkan bahwa soal masuk dalam kategori baik pada beberapa kategori analisis, yaitu validitas soal, reliabilitas soal, dan daya pembeda soal. Sedangkan pada tingkat kesukaran dan efektivitas pengecoh perlu ada peninjauan kembali agar diperoleh soal dengan kategori baik pula.
Copyrights © 2021