Jurnal Komunikasi
Vol 15, No 2 (2021): September

Pengaplikasian Elaborated Likelihood Model dalam Strategi Komunikasi Kampanye “Ingat Pesan Ibu”

Alifa Nur Fitri (UIN Walisongo Semarang)
Kurnia Muhajarah (UIN Walisongo Semarang)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2022

Abstract

Pandemi akibat persebaran irus Covid 19 ditetapkan sebagai bencana nasional, Pemerintah melalui Satuan Tugas Covid 19 melakukan berbagai upaya mulai dari PSBB(Pembatasan Sosial Berskala Besar) sampai PPKM(Pemberlakuan Pembatasan Kegaitan Masyarakat) level empat. Usaha lain yang dilakukan adalah merubah perilaku masyarakat menuju New Normal melalui 3 M dan sekarang 5M. Beberapa upaya tersebut dilakukan dengan pendekatan himbauan, tidak hanya itu untuk merubah perilaku masyarakat dikalangan remaja Satuan Tugas Covid 19 bersama Padi Reborn membuat kampanye “ Ingat Pesan Ibu”. Tulisan ini akan menganalisis tentang   kampanye “Ingat Pesan Ibu” dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam tulisan ini adalah ELM(Elaborated Likelihood Model). Hasil dari tulisan ini menunjukan bahwa pemrosesan informasi yang diharapkan dalam kampanye ini adalah dengan menggunakan jalur peripheral, menggunakan musik yang menarik, ketokohan Padi Reborn dan pesan yang singkat dan selaras sehingga mudah untuk diingat dan diterapkan.

Copyrights © 2021