Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul dan e-modul menulis teks hasil laporan yang telah diobservasi melalui model pembelajaran discovery learning yang efektif, praktis, dan valid untuk peserta didik kelas X. Jenis penelitian ini dikembangkan melalui penelitian pengembangan RnD dengan penggabungan model pengembangan Borg and Gall (pretest, analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, validasi ahli, validasi di lapangan, revisi produk, dan posttest) dan model pengembangan Martin Tessmer (uji one to one, uji small group, dan filed test). Pada penelitian dengan model pengembangan ini tidak terlalu lama dan untuk skala kecil. Kualitas modul dan e-modul menulis teks hasil laporan yang telah diobservasi yang diuji melalui kriteria kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Hasil data kevalidan diperoleh dari penilaian validasi ahli materi/isi, bahasa, dan media/penyajian/kegrafikaan dengan kategori sangat valid, data analisis kebutuhan siswa dan guru menyatakan perlu membuat modul dan e-modul pembelajaran menulis teks hasil laporan yang telah diobservasi agar siswa terampil menulis. Data kepraktisan yang diperoleh dari hasil penilaian terhadap keterlaksanaan modul dan e-modul pada uji one to one dengan kategori sangat baik, uji small group dengan kategori tuntas. Berdasarkan klasifikasi nilai gain pada field test maka efektivitas dari pengembangan modul dan e-modul menulis teks hasil laporan yang telah diobservasi termasuk kategori tinggi. Pengembangan modul dan e-modul menulis teks hasil laporan yang telah diobservasi layak digunakan untuk meningkatkan KKM (kriteria ketuntasan minimal). Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk mengembangkan modul menjadi e-modul agar bisa digunakan secara blanded learning yang berbeda dengan penelitian relevan lainnya.
Copyrights © 2022