Jurnal Media Wahana Ekonomika
Vol 18, No 4 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2022

Pengaruh Kompetensi, Independensi dan Objektivitas terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan)

Fenty Astrina (Unknown)
Rosalina Ghazali (Unknown)
Darmayanti Darmayanti (Unknown)
Nurul Hutami Ningsih (Unknown)
Jakaria Mukholih (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, independensi dan objektivitas terhadap kualitas audit pada Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Sumatera Selatan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 35 auditor yang bekerja di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program statistical program for specience (SPSS). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa secara bersama variabel kompetensi, independensi dan objektivitas berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kompetensi, independensi dan objektivitas yang dimiliki oleh seorang auditor maka akan semakin tinggi pula kualitas audit. Secara parsial variabel kompetensi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas audit. Hal ini menunjukkan bahwa semakin rendah kompetensi yang dimiliki oleh seorang auditor maka akan semakin rendah pula kualitas audit. Sedangkan variabel independensi dan objektivitas berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi independensi dan objektivitas yang dimiliki oleh seorang auditor maka akan semakin tinggi pula kualitas audit yang dihasilkan. Kata Kunci :Pengaruh Kompetensi, Independensi, Objektivitas, Kualitas Audit ABSTRACT This study aims to determine the effect of competence, independence and objectivity on audit quality at the financial audit agency of South Sumatra Province.The population used in this study was 35 auditors who worked in the Financial Audit Agency of South Sumatra province.The data analysis this study is multiple linear regression analysis, using the software program SPSS for Windows. The results of this study indicate that the variables of competence, independence and objectivity have a significant effect on audit quality.This shows that the higher the competence, independence and objectivity of an auditor, the higher the audit quality.Partially, the competency variable has a negative and significant effect on audit quality. This shows that the lower the competence possessed by an auditor, the lower the audit qualityWhile the variables of independence and objectivity have a significant effect on audit quality. This shows that the higher the independence and objectivity of an auditor, the higher the audit quality Keywords: Effect of Competence, Independence,Objectivity, Audit Quality.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Ekonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Media Wahana Ekonomika Merupakan Jurnal Ilmu Ekonomi yang secara khusus mengkaji tentang Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Kewirausahaan. Terbit 4 kali dalam Setahun periode April, Juli, Oktober dan Januari. Terdaftar nomor di ISSN 1693-4091 (cetak) dan E-ISSN 2622-1845 (online) ...