Journal of Vocational and Technical Education (JVTE)
Vol. 2 No. 1 (2020): March

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Octaverina Kecvara Pritasari (Universitas Negeri Surabaya)
Biyan Yesi Wilujeng (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

ABSTRAK     Jenis penelitian ini adalah classroom research dengan model pembelajaran kooperatif  tipe STAD pada mata kuliah pangkas rambut dasar. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ob-servasi, tes tertulis dan performance assessment. Hasil refleksi dan evaluasi pada siklus I,  perlu dilakukan    perubahan pada rencana tindakan pada siklus 2. Hasil refleksi dan evaluasi pada siklus 2 adalah observasi aktifitas dosen atau keterlaksanaan pembelajaran memperoleh rata-rata penilaian sangat baik (3,80) dari kedua observer, jadi dapat dikatakan memenuhi kriteria keberhasilan. Hasil belajar pengetahuan 77,78% tuntas. Hasil belajar keterampilan 77,78% tuntas, Berdasarkan hasil pada siklus 2 diperoleh peningkatan hasil dari siklus I. Jadi, penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntasan belajar mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Rias dan direkomndasikan untuk dapat digunakan untuk mata kuliah yang lain..                                                                                                                 Kata Kunci: model pembelajaran, STAD, Pangkas rambut, hasil belajar. ABSTRACTThis type of research is classroom action research with STAD type cooperative learning model on the women hairs cut course. The research instrument used in this study was observation, written test and performance assessment. The results of reflection and evaluation in cycle I, need to be made changes to the action plan in cycle 2.)) of two observers, so that it can be said to meet the criteria for success. 77.78% knowledge learning outcomes are complete. The results of 77.78% learning skills are complete, based on the results in cycle 2, obtained in the results of cycle I. So, the use of STAD type learning meth-ods can improve the learning activities and completeness of students from the S1 Fashion Study Program and recommend-ed for use in other courses.                                                                                                 Keywords: learning model, STAD, Haircut, learning outcomes.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JVTE

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

JVTE focuses on topics related to learning, evaluation, curriculum, management and policy on technology and vocational education including electrical engineering education, mechanical engineering education, civil engineering education, automotive engineering education, informatics engineering ...