cover
Contact Name
Wahyu Dwi Kurniawan
Contact Email
wahyukurniawan@unesa.ac.id
Phone
+6285732007088
Journal Mail Official
jvte@unesa.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya Gedung E1 Fakultas Teknik Kampus Unesa Ketintang Surabaya Kode Pos 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE)
ISSN : 22262555     EISSN : 26565587     DOI : -
JVTE focuses on topics related to learning, evaluation, curriculum, management and policy on technology and vocational education including electrical engineering education, mechanical engineering education, civil engineering education, automotive engineering education, informatics engineering education, cosmetology education, fashion education, culinary education, cosmetology education, and the development of other vocational education.
Articles 76 Documents
MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN BERDASAR MASALAH Imami Arum Tri Rahayu
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 1 No. 1 (2019): March
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.086 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v1n1.p1-6

Abstract

ABSTRAKKemampuan pemecahan masalah merupakan salah tujuan pembelajaran level tinggi dalam ranah kognitif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran tertentu memberikan dampak peningkatan yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap sosial pebelajar. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dilakukan selama dua siklus dan pengukuran hasil belajar dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian non-test berupa lembar penilaian. Analisis data selanjutnya dilakukan dengan menggunakan metode penskoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus satu kemampuan pemecahan masalah siswa belum optimal karena 75% subyek tidak berhasil menyelesaikan permasalahan. Selain itu, masih banyak ditemukan sikap yang tidak relevan dengan proses pembelajaran. Pada siklus kedua terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan indikasi bahwa 75% siswa mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan dan disertai dengan penurunan sikap yang tidak relevan.                                                                                                                                                       Kata Kunci: problem solving, social behavior, hasil belajar kognitif. ABSTRAKProblem solving ability is one of the goals of high level learning in the cognitive domain. Several studies have shown that using a particular learning model provides a significant improvement impact on improving cognitive learning outcomes. This research is a collaborative class action research that aims to find out how the influence of the use of problem-based learning model to problem solving ability and social attitude of learners. Implementation of problem-based learning model is done during two cycles and measurement of learning result is done by using non-test assessment instrument in the form of assessment sheet. Further data analysis is done by using scoring method. The results showed that in the one cycle problem solving ability students have not optimal because 75% of subjects did not successfully solve the problem. In addition, there are still many attitudes that are not relevant to the learning process. In the second cycle there is an increase in problem-solving abilities with an indication that 75% of students are able to resolve the given problem and accompanied by a decrease in irrelevant attitudes. Keywords: problem solving, social behavior, cognitive learning outcomes
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH RANGKAIAN LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DAN SOFTWARE CIRCUIT WIZARD Yulia Fransisca
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 1 No. 1 (2019): March
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.441 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v1n1.p7-11

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction dan Software Circuit Wizard dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah rangkaian listrik 1. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan padaProgram Studi Pendidikan Teknik Elektro yang memprogramkan mata kuliah Rangkaian Listrik I yang berjumlah 27 orang. Pada Siklus I skor minimal siswa 40, skor maksimal 85,  rata-rata skor yang dicapai mahasiswa adalah 62, 96 dan standar deviasi 13,46; Sehingga dapat dikatakan bahwa perlu perbaikan pada model pembelajarannya. Pada siklus II skor minimal siswa 55, skor maksimal 90, nilai rata-rata siswa 77,96 dan standar deviasi 8,35. Dengan melihat fakta diatas perlu dilakukan penelitian ke siklus selanjutnya untuk memperbaiki kekurangan pada siklus II. Pada siklus III skor minimal 85, skor maksimal 95, nilai rata-rata mahasiswa 88,33 dan standar deviasi 3,92. Berdasarkan data diatas diketahui bahwa materi dapat diterima dengan baik sehingga hasil belajar meningkat.               Kata Kunci: Direct Instruction, PTK, Circuit Wizard ABSTRACTThis study aims to determine the use of Direct Instruction Learning Model and Circuit Wizard Software to improve student learning outcomes in electrical circuit courses 1. This research is a Class Action Research (CAR) with four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. Classroom Action Research was carried out in the Electrical Engineering Education Study Program which programed 27 Electrical Circuits courses totaling 27 people. In Cycle I the minimum score of students is 40, the maximum score is 85, the average score achieved by students is 62, 96 and the standard deviation is 13.46; So that it can be said that it needs improvement in the learning model. In the second cycle the minimum score of students is 55, the maximum score is 90, the average score of students is 77.96 and the standard deviation is 8.35. By looking at the facts above it is necessary to do research into the next cycle to correct deficiencies in the second cycle. In the third cycle, the minimum score was 85, the maximum score was 95, the average student score was 88.33 and the standard deviation was 3.92. Based on the above data it is known that the material can be well received so that learning outcomes increase. Keywords: Direct Instruction, Classroom Action Research, Circuit Wizard
MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FUNGSI MENGGUNAKAN SOFTWARE FUNCTION ANALYZER PADA MATA KULIAH MATEMATIKA TERAPAN Tri Hartutuk Ningsih
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 1 No. 1 (2019): March
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.481 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v1n1.p12-20

Abstract

ABSTRAKPenelitian tindakan kelas yang dilakukan pada pokok bahasan Fungsi Menggunakan Software Function Analyzer ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa melalui penggunaan sofware pada mata kuliah Matematika Terapanmahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Penelitian tindakan kelas (classroom action research) dilakukan menggunakan model spiral Stephen Kemmis dan Robin McTaggart yang terdiri dari beberapa siklus. Penelitian ini menggunakan dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (act), observasi (observe) dan refleksi (reflect). Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi D3 Teknik Mesin yang menempuh mata kuliah Matematika Terapan pada semester gasal tahun akademik 2013/2014 dengan jumlah 17 mahasiswa. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan penilaian  hasil tes formatif. Berdasarkan hasil analisis data, penerapan pembelajaran Matematika Terapan materi Fungsi menggunakan media sofware Function Analyzer dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dari adanya peningkatan penilaian tes formatif pada tiap siklus, yaitu siklus I sebesar 56,17, siklus II sebesar 69,41 dan siklus III sebesar 81,17. Berdasarkan pengolahan data, penerapan pembelajaran Matematika Teknik menggunakan media sofware memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar mahasiswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (17%), siklus II (52%) dan siklus III (94%).           Kata Kunci: Sofware Function Analyzer, Nilai, Tes Formatif ABSTRACTClassroom action research carried out on the subject of Functions Using the Function Analyzer Software aims to improve students' understanding through the use of software in the D3 Applied Mathematics Mathematics Engineering student course at the Surabaya State University (UNESA). Class action research was conducted using a spiral model of Stephen Kemmis and Robin McTaggart consisting of several cycles. This study uses two cycles where each cycle consists of one meeting. Each cycle has four stages, namely planning (plan), implementation (act), observation (Observe) and reflection (reflect). The research subjects were students of Mechanical Engineering D3 who took the Applied Mathematics course in the odd semester of the 2013/2014 academic year with a total of 17 students. In this study data collection was carried out by evaluating the results of formative tests. Based on the results of data analysis, the application of material Applied Mathematics learning Function using the Media Function Analyzer media can improve student learning outcomes from an increase in formative test assessment in each cycle, namely cycle I of 56.17, cycle II of 69.41 and cycle III of 81 , 17. Based on data processing, the application of Mathematics learning Techniques using software media has a positive impact on improving student learning achievement which is characterized by an increase in student learning completeness in each cycle, namely cycle I (17%), cycle II (52%) and cycle III (94% ) Keywords: Software Function Analyzer, Value, Formative Test
PENGEMBANGAN ALAT PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI PADA MATA KULIAH DESAIN TATA RIAS Biyan Yesi Wilujeng; Imami Arum Tri Rahayu; Nia Kusstianti
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 1 No. 1 (2019): March
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.342 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v1n1.p21-27

Abstract

ABSTRAKPenelitian tentang Pengembangan Alat Penilaian Berbasis Kompetensi pada mata kuliah Desain Tata Rias pada kompetensi Pembuatan Tata Rias Fantasi berdasarkan sumber ide/ tema menggunakan alat penilaian portofolio dilaksanakan  dengan  tujuan (1) untuk mengetahui kelayakan alat penilaian berbasis portofolio dan (2) untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa terhadap model pembelajaran berbasis portofolio pada mata kuliah desain tata rias. Penelitian ini  dilaksanakan pada mahasiswa program studi S1 Pendidikan Tata Rias  Jurusan Pendidikan kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik yang memprogram mata kuliah Desain Tata Rias pada semester genap 2015/2016. Rancangan penelitian menggunakan 4-D model, yaitu (1) Define, (2) Design, (3) Develope, dan (4) Determinate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar  validasi perangkat pembelajaran mata kuliah Desain Tata Rias pada kompetensi Pembuatan Tata Rias Fantasi Berdasarkan Sumber Ide/ Tema dan lembar penilaian portofolio. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Alat penilaian portofolio pada mata kuliah desain Tata Rias Layak untuk digunakan pada proses pembelajaran Desain Tata Rias kompetensipembuatan desain tata rias fantasi berdasar sumber ide; (2) Hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Desain Tata Rias kompetensipembuatan desain tata rias fantasi berdasar sumber ide yang dinilai melalui portofolio yang telah dibuat oleh mahasiswa menunjukkan hasil yang baik.                                                                                                                 Kata Kunci: alat penilaian, hasil belajar, portofolio. ABSTRACTResearch on Development Tool Based Assessment of Competence in the subject of Design Makeup on competence Making Makeup Fantasy based sources of ideas / themes using a portfolio assessment carried out with the purpose of (1) to determine the feasibility of an assessment tool based on the portfolio and (2) to assess learning outcomes students' learning model portfolio based on the design of cosmetology courses. The research was conducted on students of S1 Makeup Education Department of Special Education Faculty of Engineering Family welfare program Makeup Design courses in the second semester 2015/2016. The study design using 4-D models, namely (1) Define, (2) Design, (3) Develope, and (4) Determinate.The instrument used in this study is a validation sheet learning tools Makeup Design courses on competence Making Based Sources Fantasy Makeup Idea / Theme and portfolio assessment sheet. The data were analyzed using descriptive statistics. The results showed that; (1) Tools portfolio assessment in the course design Makeup Deserves to be used in the learning process competence Makeup Design cosmetology design making fantasy-based sources of ideas; (2) The results of student learning in the subject of competencies Makeup Design cosmetology design making fantasy-based sources of ideas are assessed through a portfolio that was created by the students showed good results. Keywords:assessment tools, learning outcomes, portfolio.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA Akhmad Hafizh Ainur Rasyid
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 1 No. 1 (2019): March
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.055 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v1n1.p28-37

Abstract

ABSTRAKKemampuan membuat sambungan las merupakan salahsatu keahlian yang dibutuhkan saat ini. Seharusnya, mahasiswa yang telah lulus mata kuliah las akan bisa membuat sambungan las dengan baik, akan tetapi mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah las belum bisa melakukan. Pemahaman materi dan keterampilan praktek yang kurang menyebabkan target lulusan tidak terpenuhi. Dari permasalahan tersebut maka dirasa perlu dilakukan PTK dengan metode Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PBL) dengan harapan kegiatan praktek bisa menjadi lebih terarah dan efektif sehingga tujuan universitas bisa terpenuhi. Penelitian tindakan kelas terdiri dua siklus. Setiap siklus harus mencapai keberhasilan pada tingkat tertentu. Dalam penelitian ini digunakan teknik observasi, kuisioner dan tes kinerja berupa jobsheet. Teknik analisis data bersifat kuantitatif. Saat observasi aktivitas mahasiswa dalam kegiatan praktek, penentuan nilai dilakukan dengan cara menentukan rata-rata nilai yang diberikan oleh observer selama waktu praktek berlangsung. Data kuantitatif didapat dari mengamati hasil praktek dan besar nilai sesuai rubrik penilaian yang meliputi beberapa aspek. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran aktivitas mahasiswa selama perkuliahan praktek las menjadi lebih aktif. Hasil belajar mahasiswa setelah kegiatan praktek las menggunakan model pembelajaran berbasis proyek meningkat. Dari dua siklus yang sudah dilakukan pada PTK terjadi kenaikan nilai rata-rata kelas dari 61,8 ke 89,8. Akan tetapi terjadi penurunan lama pengerjaan karena mahasiswa belum terbiasa dengan job sheet berupa proyek membuat konstruksi. Kata Kunci: Hasil Belajar Mahasiswa, Model Pembelajaran, Sambungan Las, Project Based Learning, Pembelajaran Berbasis Proyek. ABSTRACTThe ability to make welded connections is one of the skills needed today. Supposedly, students who have passed welding courses will be able to make a welding connection well, but the students who have passed the courses are not able to make a weld connection properly. Good understanding of the theory is not followed by practical skills so the target of graduates will not be fulfilled. From these problems, it is deemed necessary to do PTK with Project Based Learning (PBL) methods in the hope that practical activities can be more directed and effective so that the university's objectives can be fulfilled. Classroom action research consists of two cycles. Each cycle must achieve success at a certain level. This study used jobsheet observation, questionnaire and performance tests techniques. Data analysis techniques are quantitative. When observing student activities in practical activities, the determination of values was done by determining the average value given by the observer during the time of the practice. Quantitative data is obtained from observing the practice results and the amount of value is according to the assessment rubric including several aspects. Based on the observations of the researchers, it can be concluded that by applying the learning model of student activities during lectures, the practice of welding becomes more active. Student learning outcomes after welding practice activities using project-based learning models increased. By two cycles carried out in PTK, there has been an increase in the students average score from 61.8 to 89.8. However, there was a decrease of work time because students were not familiar with job sheets in the form of construction projects.                                                                                                 Keywords: Student Learning Outcomes, Learning Models, Welding Connections, Project Based Learning
PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA AUTOCAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH ILMU BAHAN 1 JURUSAN TEKNIK MESIN UNESA Novi Sukma Drastiawati
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 1 No. 1 (2019): March
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.898 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v1n1.p38-44

Abstract

ABSTRAKMata kuliah Ilmu Bahan I merupakan mata kuliah wajib untuk mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UNESA. Pemahaman mahasiswa mengenai mata kuliah tersebut dinilai masih kurang maksimal meskipun mampu menyelesaikan soal. Hal tersebut ditunjukkan dengan minimnya tingkat keaktifan mahasiswa di kelas ketika pengajar memberikan umpan balik berupa pertanyaan. Pengetahuan mahasiswa masih bersifat abstrak, terutam pada sub materi struktur kristal. Peningkatan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Bahan I dapat dilakukan dengan merubah strategi pembelajaran. Hal yang dilakukan sebelum perubahan tersebut adalah mencari data yang terangkum dalam suatu tindakan yang disebut Tindakan Penelitian Kelas (PTK).  Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui solusi yang dapat dilakukan agar potensi masing-masing peserta ajar dapat digali secara optimal. Dari identifikasi tersebut dipilih model pembelajaran discovery learning melalui media autocad dan pembuatan bentuk struktur kristal secara fisik. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi S1 2014 Teknik Mesin  FT UNESA yang pada saat penelitian ini dilakukan sedang memprogram mata kuliah Ilmu Bahan I dengan berjumlah 26 orang Metode pengukuran tingkat keberhasilan dilakukan dalam tiga siklus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes kinerja, pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif, dan teknik analisis data keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan didapatkan bahwa aktivitas dosen yang paling dominan dalam memberikan materi perkuliahan menggunakan media autocad dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa sebesar 0,47 poin dari siklus 1 ke siklus 2 sedangkatan peningkatan dari siklus 2 ke siklus 3 sebesar 0,04 poin. Aktivitas dalam memberikan penjelasan terhadap pertanyaan mahasiswa menggunakan media autocad dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa sebesar 0,25 poin dari siklus 1 ke siklus 2 dan peningkatan pemahaman mahasiswa sebesar 0,27 poin. Ketuntasan hasil belajar koginitif mahasiswa secara mengalami kenaikan dari siklus 1 sampai 3, dengan persentase ketuntasan  siklus 1 sebesar  19,23 % dan siklus 2 sebesar 34,62 %, dan pada siklus 3 menjadi 50%. Nilai tugas mandiri mahasiswa menunjukkan bahwa metode belajar discovery learning dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang struktur kristal yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata tugas mandiri mahasiswa adalah 91,35 dengan ketuntasan sebesar 100%.                                                                                                                                                           Kata Kunci:Autocad, Discovery Learning, Ilmu Bahan I,Penelitian Tindakan Kelas, Struktur Kristal.     ABSTRACTMaterial Science I subject is a compulsory subject for students of the Department of Mechanical Engineering at UNESA. Students' understanding of the subject is still considered to be less than optimal despite being able to solve the problem. This was indicated by the lack of student activity in the classroom when the teacher gave feedback in the form of questions. Student knowledge is still abstract, especially in the substructure of crystal structures. Increasing student understanding in Material Science I can be done by changing learning strategies. The change was to find data summarized in an action called Penelitian Tindakan Kelas (PTK). This research was also conducted to find out the solutions and the potential of each participant can be explored optimally. From the identification, the discovery learning model was chosen through autocad media and the physical form of crystal structure. The subjects of this study were undergraduate mechanical engineering students at UNESA with a total of 26 students. The method of measuring in three cycles. Data collection methods are observation, performance tests, quantitative and qualitative data collection, and data analysis techniques for learning implementation. Based on the results of data analysis and discussion it was found that the most dominant lecturer activity in providing lecture materials using autocad media can improve student understanding by 0.47 points from cycle 1 to cycle 2, increasing from cycle 2 to cycle 3 by 0.04 points. Activities in providing explanations of student questions using autocad media can improve student understanding by 0.25 points from cycle 1 to cycle 2 and increase student understanding by 0.27 points. Completeness of students' cognitive learning outcomes has increased from cycle 1 to 3, with completeness percentage of cycle 1 is 19.23% and cycle 2 is 34.62%, and in cycle 3 it is 50%. The value of independent student assignments shows that discovery learning learning methods can improve students' understanding of the crystal structure as indicated by the average score of independent student assignments is 91.35 with 100% completeness.                                                                        Keywords: Autocad, Discovery Learning, Material Science I, Penelitian Tindakan Kelas, Crystal Structure.
PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM SENSOR BERBASIS ARDUINO DENGAN PENDEKATAN COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING MODEL Wahyu Dwi Kurniawan; Agung Prijo Budijono; Imami Arum Tri Rahayu
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 1 No. 2 (2019): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.901 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v1n2.p44-53

Abstract

ABSTRAKPada perkuliahan Instrumentasi dan Kendali pokok bahasan sensor masih belum optimal. Berdasarkan hasil wawancara dengan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin yang telah menempuh mata kuliah Instrumentasi dan Kendali menunjukan bahwa sebagian besar mahasiswa merasa kesulitan memahami materi sensor. Hal ini dikarenakan minimnya perangkat pembelajaran yang digunakan sehingga pembelajaran menjadi kurang kondusif dan menjadi pasif. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka tujuan khusus dalam penelitian ini yaitu untuk mengembangkan panduan praktikum sensor berbasis Arduino dengan pendekatan collaborative teamwork learning model untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, maka model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Berdasarkan hasil validasi dari 3 validator menunjukan bahwa, skor rata-rata validasi termasuk dalam kategori baik (3,65). Hal ini dapat dikatakan bahwa panduan praktikum sensor yang dikembangkan layak untuk digunakan pada perkuliahan Instrumentasi dan Kendali. Berdasarkan hasil ujicoba terbatas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lebih efektif dengan indikator bahwa mahasiswa antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga hasil belajar mahasiswa telah mencapai ketuntasan secara individual maupun klasikal. Kata Kunci: panduan praktikum, sensor, arduino, collaborative teamwork learning model. ABSTRACTAt lecturing Instrumentation and Control the subject of censorship is still not optimal. Based on the results of interviews with Mechanical Engineering students who have taken the Instrumentation and Control courses show that most students find it difficult to understand about censorship. This is due to the lack of learning tools used so that learning becomes less conducive and passive. To answer these problems, the specific objective in this research is to develop an Arduino-based sensor practicum guide with a collaborative teamwork learning model approach to improve the competencies of students majoring in Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Surabaya. To achieve the above objectives, the development model used is the ADDIE model (analysis, design, development, implementation, evaluation). This article will only discuss the results of the validation of the sensor practicum guide that has been developed. Based on the results of the validation of 3 validators showed that, the average score of validation included in both categories (3.65). It can be said that the sensor practicum guide developed is suitable for use in Instrumentation and Control lectures. Based on the results of limited trials it can be concluded that learning is more effective with indicators that students are enthusiastic in participating in learning so that student learning outcomes have been completed individually or classically. Keywords: practicum guide, sensor, arduino, collaborative teamwork learning model.
RESTRUKTURISASI KURIKULUM PROGRAM STUDI D3 TEKNIK LISTRIK FAKULTAS TEKNIK UNESA SURABAYA Rifqi Firmansyah; Tri Rijanto; Mahendra Widyartono
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 1 No. 2 (2019): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.565 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v1n2.p1-10

Abstract

ABSTRAKKerangka Kualifikasi Nasional Indonesia adalah salah satu rujukan nasional untuk meningkatkan mutu dan daya saing bangsa Indonesia di sektor SDM melalui pencapaian kualifikasi sumber daya manusia Indonesia yang dihasilkan oleh sistem pendidikan dan sistem pelatihan kerja nasional, serta sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan  restrukturisasi kurikulum dan menghasilkan kurikulum Program Studi D3 Teknik Listrik Fakultas Teknik Unesa berbasis Standart Nasional Dikti (SN-Dikti) dan Kerangka Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (KKNI). Penelitian dilakukan semester gasal tahun akademik 2018/2019. Langkah restrukturisasi dilakukan melalui 1) perumusan profil lulusan berdasarkan analisis SWOT dan tracer study, 2) perumusan learning outcome (capaian pembelajaran) program studi mengacu pada KKNI dan SN-Dikti, 3) perumusan bidang kajian dan kedalaman mata kuliah, 4) penyusunan struktur kurikulum dan silabus ke dalam dokumen kurikulum, dan 5) hasil penyusunan kurikulum selanjutnya dilakukan FGD guna memperoleh masukan yang lebih banyak untuk digunakan sebagai bahan penyempurnaan. Teknik analisis data menggunakan SWOT Analisis.                                                                                                                 Kata Kunci: restrukturisasi, kurikulum, SN-Dikti, KKNI. ABSTRACTIndonesian Qualifications Framework is one of the national references to improving the quality and competitiveness of the Indonesian people in the HR sector through the achievement of the qualifications of Indonesian human resources produced by the education system and national job training system, as well as the equivalence learning achievement system. This study aims to restructure the curriculum and produce the curriculum of the Electrical Engineering D3 Study Program Faculty of Engineering UNESA based on National Higher Education Standards (SN-Dikti) and Indonesian Qualifications Framework (KKNI). The study was conducted on odd semester of 2018/2019 academic year. Restructuring steps are carried out through 1) formulation of graduate profiles based on SWOT analysis and tracer study, 2) formulation of learning outcomes (learning outcomes) study programs referring to KKNI and SN-Dikti, 3) formulation of study fields and depth of courses, 4) preparation the structure of the curriculum and syllabus into curriculum documents, and 5) the results of the curricula compilation were then carried out by FGD in order to obtain more input for use as a refining material. Data analysis techniques use SWOT Analysis.                                                                                                 Keywords: restructuring, curriculum, SN-Dikti, KKNI..
ANALISIS BEBAN KINERJA DOSEN PERIODE 2012-2016 TERHADAP PELAKSANAAN TRI DHARMA PADA PRODI DIII TEKNIK MESIN Dany Iman Santoso; Priyo Heru Adiwibowo; Akhmad Hafizh Ainur Rasyid
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 1 No. 2 (2019): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.563 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v1n2.p11-18

Abstract

ABSTRAKProgram Studi (prodi) DIII Teknik Mesin adalah salah satu prodi di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang memiliki penjurusan otomotif dan produksi. Jumlah mahasiswa yang masuk di prodi ini setiap tahun berkisar 70 orang dan mereka dibagi dalam dua kelas. Pada akhir semester empat, mereka akan dibagi menjadi dua penjurusan seperti di atas berdasarkan kemampuan akademik dan minat masing-masing mahasiswa. Jumlah dosen tetap yang mengajar dalam prodi ini adalah 10 orang dengan bidang keahlian otomotif, produksi, konversi energi dan sistem manufaktur. Jumlah ini telah memenuhi standar minimal jumlah dosen dalam satu prodi yaitu enam orang. Dari hasil Laporan Kinerja Dosen (LKD) pada periode empat tahun ini didapatkan hasil bahwa Beban Kinerja Dosen (BKD) mengalami kelebihan di atas ketentuan standar BKD yang minimalnya 12 sks (sistem kredit semester) dan maksimalnya 16 sks. Dari ketiga unsur tri dharma yang dinilai yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, ada kenaikan berbeda di setiap unsurnya yang dialami oleh masing-masing dosen sehingga memengaruhi total sks yang diizinkan oleh BKD standar setiap semesternya. Dari hasil yang telah didapatkan, LKD masing-masing dosen mengalami kenaikan di atas rata-rata 12 SKS namun masih terhitung normal. Juga nampak distribusi dosen pada masing-masing prodi kurang merata atau masih banyak dosen mengajar pada prodi yang bukan home base-nya. Sehingga hasil analisis sementara dapat ditarik kesimpulan bahwa masih diperlukan tambahan dosen baru yang berkonsentrasi pada salah satu prodi yang ada di jurusan.                                                                                                                 Kata Kunci: BKD, LKD, otomotif, produksi, sks. ABSTRACTDIII Mechanical Engineering study program is one of study programs in Mechanical Engineering Department, State University of Surabaya (Unesa) that has automotive and production majors. The number of students who enter in this program are around 70 students per year and they have been divided into two groups. In the end of fourth semester, they will be divided into the majors above which is based on their academic abilities and interests. The number of lecturers who lectured in this program are 10 peoples with the areas of expertise are automotive, production, energy conversion and manufacturing systems. These numbers have been fulfilled minimal numbers of lecturer in a study program that are six peoples. Based on Lecturer Performance Report (LKD) in this four years period, it is obtained that Lecturers Performance Burden (BKD) have increase above BKD provision that has 12 sks (credit transfer system) minimum and 16 sks maximum. From the three elements of Tridharma, that are education, research and community services, there had different increasing in each element that had experienced by each lecturer as of influencing total sks which are allowed by BKD provision per semester. From the results which have been obtained, the LKD on each lecturer goes up on the above 12 sks average but it is still normal. Also it seem that lecturer distribution in each study program did not equal or many lecturers gave lecturing at study program that it is not their home base. Finally the whilst result that can be attracted is the department still needs new lecturer that focus in one of the study programs in the department.                                                                                                 Keywords: automotive, BKD, LKD, production, sks.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE BERBANTUAN EDUBLOGS Meini Sondang Sumbawati; Hajar Nopin Artika
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 1 No. 2 (2019): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.676 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v1n2.p27-36

Abstract

ABSTRAKKemampuan mengungkapkan pendapat merupakan hal yang perlu dimiliki oleh peserta didik, baik mengungkapkan pendapat secara lisan maupun tulisan. Kemampuan mengungkapkan pendapat juga dapat membuat peserta didik aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Think Talk Write adalah tipe pembelajaran yang melalui tiga tahapan belajar yaitu berpikir, berbicara (komunikasi), dan menulis Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan dengan media edublogs. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sistem komputer antara sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan edublogs, mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran yang dilakukan, serta untuk mengetahui kelayakan media edublogs. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui studi literatur, wawancara dan kuisioner atau angket.  Penelitian ini menggunakan desain eksperimen Pre-experimental Design dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design, dengan penerapan pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalalah analisis instrumen pembelajaran (RPP, butir soal, modul, angket respon, media). Untuk analisis hasil belajar menggunakan analis awal yaitu uji normalitas dan  uji Paired sample T-Test. Untuk mengukur respon peserta didik menggunakan angket respon. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X pada SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo jurusan Teknik Informatika.Berdasarkan hasil validasi dari para ahli perangkat pembelajaran RPP memperoleh persentase 91%, validasi butir soal memperoleh persentase 90,83%, validasi modul pembelajaran memperoleh persentase 90,83%, validasi angket respon peserta didik mendapatkan persentase 85,60%, dan validasi media pembelajaran edublogs mendapatkan persentase 90%. Keseluruhan perangkat yang divalidasi termasuk dalam kategori sangat layak.Hasil analisis yang telah dilakukan dengan uji Paired Sample T-test menunjukkan hasil 0,000. Nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 sehingga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran metode kooperatif tipe Think Talk Write. Sesuai dengan perhitungan angket respon yang telah diberikan kepada peserta didik memperoleh hasil 72,20%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki respon positif terhadap pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbatuan Edublogs. Kata Kunci: Edublogs, Respon,Think Talk Write ABSTRACTThe ability to express opinions is a must-have for learners, whether expressed orally or written opinions. The ability to express opinions can also make learners active in teaching and learning activities. Think Talk Write was learning model which has begun from the activity of thingking, talking (communicating), and writing.This study aims to apply Think Talk Write type of cooperative learning method with edublogs. This study was used determine student learning outcomes on computer system between before and after the application of Think Talk Write type of cooperative learning method with edublogs, knowing student response to this study, and to knowing media viability. Data collection techniques in this study are literature studies, interviews and questionnaires, and . The method used in this study is the Pre-Experimental Design with types One-group pretest-posttest design with the application of pretest and posttest. Analysis of data is used an anysis of learning instruments (Lesson plans, question items, modules, reponse questionnaires, and media). Anaysis of learning outcomes using the normality test and paired sample T-test. Student responses using a quistionnaire response. The population in this study were student of X 2 Buduran  Sidoarjo State Vocational High School majoring in Informatics Engineering. Based on the validation of the expert, the result were lesson plan gets a percentage 91%, question item gets a percentage 90,83%, learning module gets a percentage 90,83%, student responses questionnaire gets a percentage 85,60%, and media gets a percentage 90%. All the validated item are included in the very feasible category.The results of the analysis by Paired Sample T-test are 0.000. This significance score obtained under 0.05, so it conclude there are differences in student learning outcome betweem before and after the application of Think Talk Write type of cooperative learning method with edublogs. The calculation of the questionnaire responses have been given to student get result 72.20%. So, it can be concluded students have a positive response to Think Talk Write type of cooperative learning method with edublogs. Keywords: Edublogs, Respon, Think Talk Write