Journal of Vocational and Technical Education (JVTE)
Vol. 3 No. 2 (2021): September

KEPUASAN PENGGUNA (MAHASISWA) TERHADAP DOSEN DI PRODI S1 PENDIDIKAN TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

imami arum tri rahayu (Universitas Negeri Surabaya)
Lutfiyah Hidayati (universitas negeri surabaya)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2022

Abstract

Kepuasan mahasiswa adalah sikap positif mahasiswa terhadap pelayanan lembaga pendidikan tinggi karena adanya kesesuaian antara harapan dari pelayanan dibandingkan dengan kenyataan yang diterimanya. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana kepuasan mahasiswa terdadap layanan Dosen di prodi S1 Pendidikan Tata Busana, jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Fakultas Teknik (FT), Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Kepuasan mahasiswa terhadap Dosen meliputi 5 aspek antara lain: 1) Keandalan (reliability), 2) Daya tanggap (responsiveness), 3) Kepastian (assurance), 4) Empati (empathy), dan 5) Tangible. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif dengan subjek mahasiswa aktif di prodi S1 Pendidikan Tata Busana sebanyak 146 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket secara online melalui google form. Hasil penelitian ini diketahui bahwa aspek keandalan (reliability) diperoleh skor 2,97 (baik), aspek daya tanggap (responsiveness) diperoleh skor 2,87 (baik), aspek kepastian (assurance) diperoleh skor 3,06 (baik), aspek empati (empathy) diperoleh skor 2,75 (baik), dan aspek tangible diperoleh skor 2,93 (baik). Dari kelima aspek tersebut didapatkan rata-rata skor 2,94, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan mahasiswa terhadap Dosen di Prodi S1 Pendidikan Tata Busana adalah Baik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JVTE

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

JVTE focuses on topics related to learning, evaluation, curriculum, management and policy on technology and vocational education including electrical engineering education, mechanical engineering education, civil engineering education, automotive engineering education, informatics engineering ...