Journal of Muslim Community Health (JMCH)
Vol. 3 No. 1 (2022): JANUARI-MARET (JMCH)

Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Perawat: Human Resource Management on Nurse Performance

Muhammad Faried Ma’Ruf Saleh (Puskesmas Ulumanda, Majene)
Reza Aril Ahri (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Andi Muhammad Multazam (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Latar Belakang: Manajemen sumber daya manusia yang telah di terapkan dalam menejerial rsud haji sudah sangat baik sehingga rumah sakit haji mendapatkan penilaian yang berbeda dibandingkan dengan rumah sakit yang lain yang berada di makassar, rumah sakit umum daerah haji makassar ini telah mendapatkan prestasi yakni rumah sakit yang menerapkan sistem manajemen ISO 9001;2008 yang terintegrasi pada tahun 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen sumberdaya yang ada dirumah sakit haji. Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perawat RSUD Haji Makassar sebanyak 190 orang perawat PNS dengan sampel sebanyak 129 orang.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Analisis data dilakukan secara univariat, bivariat dengan uji chi-square dan analisis multivariat dengan regresi logistik. Hasil: Ada hubungan rekrutmen dan seleksi (p value = 0,000), pelatihan dan promosi (p value 0,000), penilaian kerja dan manajemen gaji (p values = 0,000), dengan kinerja perawat di RSUD Haji Makassar. Promosi dan pelatihan memiliki hubungan paling besar dengan kinerja perawat dengan nilai OR sebesar 15.934. Kesimpulan: Disarankan kepada pihak rumah sakit untuk meningkatan pelatihan dan promosi terhadap petugas kesehatan khusunya dengan cara mengikut sertakan lebih banyak lagi pegawai dalam hal ini perawat dalam kegiatan pelatihan atau peningkatan kapasitasnya serta diperlukan adanya promosi atau peningkatan jabatan yang sesuai dengan hasil kerja perawat sehingga perawat lebih giat dan lebih terpacu dalam meningkatkan kinerjanya saat bekerja di rumah sakit.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmch

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Journal of Muslim Community Health (JMCH) E-ISSN 2774-4590 adalah jurnal elektronik, open-access, dan peer-review. JMCH didedikasikan untuk menerbitkan hasil penelitian dan tinjauan literatur dari berbagai bidang kesehatan masyarakat, yang meliputi studi Administrasi & Kebijakan Kesehatan, Promosi ...