Jurnal Studi Komunikasi dan Media
Vol 25, No 2 (2021): Jurnal Studi Komunikasi dan Media

Bingkai Media di Masa Pra Pandemi Covid-19 di Indonesia (Studi Framing Pemberitaan Covid-19 di Portal Berita dan Akun Youtube Tribunnews Edisi Maret 2020)

Rohmah Nia Chandra Sari (Brawijaya University)
Rachmat Kriyantono (Universitas Brawijaya)
Desi Dwi Prianti (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Covid-19 menjadi suatu masalah kesehatan baru yang belum pernah terjadi sebelumya. Informasi mengenai isu kesehatan tersebut menjadi penting terutama di pra-pandemi untuk mengantisipasi menyebarnya wabah. Media sebagai sumber informasi utama memiliki peranan yang penting dalam penyampaian pesan. Penelitian ini bertujuan menganalisis bingkai media youtube dan portal berita tribunnews dalam pemberitaan awal covid-19 di Indonesia selama bulan Maret 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis framing dari Robert Entman, melalui empat fungsi bingkai yaitu mendefinisikan sebuah masalah, memperkirakan sumber masalah, membuat keputusan moral, dan menekankan penyelesaian masalah. Terdapat 104 pemberitaan yang diteliti, 73 dari portal berita dan 31 dari akun youtube. Pemilihan pemberitaan melalui teknik purposive sampling Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemberitaan covid-19 di Indonesia menunjukkan informasi yang dinamis. Meskipun pemberitaan disajikan melalui dua platform yang berbeda yaitu portal berita dan youtube, tidak menunjukkan perbedaan isi informasi yang signifikan. Peneliti membagi pemberitaan menjadi tiga periode, periode pertama pada tanggal 1-10 Maret 2020 yang menunjukkan bingkai ketenangan dan membangun semangat dalam menghadapi pandemi, periode kedua 11-20 Maret bingkai covid-19 dirubah menjadi suatu ancaman dan resiko yang perlu diwaspadai, periode ketiga yakni 21-31 bingkai covid-19 menampilkan kewaspadaan dan ketakutan karena menunjukkan aspek korban, penurunan ekonomi dan berbagai ancaman lainnya.

Copyrights © 2021