Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara
Vol 7 No 2 (2022): Jurnal pendidkan dasar nusantara

Multiliteracy literature models: solutions for reading learning models in the covid-19 pandemic era

Yunus Abidin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rianita Kartika Eka Putri (Universitas Pendidikan Indonesia)
S. Nailul Muna Aljamaliah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model multiliterasi literatur terhadap kemampuan siswa memahami cerita dongeng bergambar pada siswa sekolah dasar. Metode kuasieksperimen digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini adalah siswa sekolah dasar di Kota Bandung yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian produk menceritakan kembali cerita dongeng berupa zig-zag book. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model multiliterasi literatur efektif meningkatkan kemampuan siswa memahami cerita dongeng bergambar pada siswa sekolah dasar. Berdasarkan hal ini, model multiliterasi literatur dapat dijadikan model alternatif dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara is an open access journal and published twice a year in January & July that contains research result where never ...