Jurnal Al-Iqtishad
Vol 17, No 2 (2021)

PENGARUH INOVASI PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

nola nari (IAIN Batusangkar)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2021

Abstract

Pada tahun 2011 Kuliner Jagung Super Manis F1 Aina Batuhampar Kab. Lima Puluh Kota mengalami kerugian karena konsumen tidak berminat lagi untuk membeli pergedel dan rebus jagung. Kemudian produsen melakukan inovasi produk. Harga yang ditawarkan F1 Aina lebih tinggi dari kuliner pesaing di sekitar lokasi, namun peminatnya tetap banyak. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada Kuliner Jagung Super Manis F1 Aina Batuhampar Kab. Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif pendekatan kuantitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 96 responden, dengan mendapatkan data-data dari konsumen yang berisi tentang pernyataan dari variabel Inovasi Produk, harga dan keputusan pembelian. Teknik analisis data yang digunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan aplikasi software SPSS 22 (Statistical Product And Service Solutions).Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Inovasi produk secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung (3,955) > ttabel (1,661). Sedangkan harga secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung (1,484) > ttabel (1,661). Secara bersama-sama inovasi produk dan harga berpengaruh pada keputusan pembelian dengan nilai 19,2%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-iqtishad

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal AL-IQTISHAD Print ISSN:0216-2547 | Online ISSN 2656-8489 adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.Artikel yang dipublikasi JURNAL AL-IQTISHAD meliputi hasil penelitian tentang masalah-masalah ekonomi, kebijakan ...