Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1, No 2 (2021): Fakta

PEMBELAJARAN TARBIYAH WA TA’LIM, KETERAMPILAN MENGAJAR SANTRIWATI TARBIYATUL MUALLIMIEN AL ISLAMIYAH (TMI) AL-AMIEN PRENDUAN

Liana, Shely (Unknown)
Tidjani, Afifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

ABSTRAK                Salah satu temuan lapangan yang ada yakni kurang lebih 35% santriwati tidak lulus dalam melaksanakan program amaiyah at-tadris, yang dilatar belakangi oleh beberapa faktor. Pertama, kesalahan dalam melakukan toriqah at-tadris, peserta amaliyah at-tadris lupa akan langkah-langkah yang akan dilakukan selanjutnya, sehingga pembelajaran terkesan kurang terencana. Kedua, kurangnya penguasaan materi pembelajaran, peserta amaliyah at-tadris terbata-bata dalam menjelaskan kandungan pembelajaran. Pada penelitian ini terdapat hubungan dan pengaruh pembelajaran tarbiyah wa ta’lim, kesiapan guru pra pembelajaran, penguasaan kelas, penguasaan materi pembelajaran, pada keterampilan mengajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengatahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh pembelajaran tarbiyah wa ta’lim, kesiapan guru pra pembelajaran, penguasaan kelas, penguasaan materi pembelajaran, terhadap  keterampilan mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex-Post Facto yang menggunakan regresi linier berganda, sedangkan analisis datanya menggunakan bantuan SPSS 22 for windows. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai signifikansi dari f change 0.000, lebih kecil dari 0.05, yang menunjukan bahwa kesiapan mengajar, penguasaan kelas, penguasaan pengetahuan pembelajaran serentak mempengaruhi keterampilan mengajar. Besar pengaruh tersebut terlihat dari besar R square yakni 0.977, yang berarti keterampilan mengajar dipengaruhi tiga variabel tersebut sebesar 0.977, dan sisanya yakni 0,023 adalah faktor lain. Artinya, ketiga variabel tersebut berhubungan dan berdampak erat terhadap keterampilan mengajar. Kata kunci: Tarbiyah wa ta’lim, keterampilan mengajar 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fakta

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fakta: Islamic education journal publishes articles about Islamic education in Indonesia. The journal emphasizes aspects related to Islamic education in Indonesian context. with special reference to the philosophical and critical study: Leadership and organization; pedagogy; History and educational ...