JURNAL INTEGRASI PROSES
VOLUME 10 NOMOR 2 DESEMBER 2021

STUDI ANALISIS RESIKO PADA FASILITAS PENCAMPURAN DAN PENGISIAN DI INDUSTRI MINYAK PELUMAS MENGGUNAKAN INTEGRASI HAZOP (HAZARD AND OPERABILITY) DENGAN LOPA (LAYER OF PROTECTION ANALYSIS)

Jajang Nurjaman (Unknown)
Sri Agustina (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Widya Ernayati Kosimaningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Proses utama di pabrik pelumas meliputi proses pencampuran dan pengisian, yang aktifitas produksinya terdapat banyak resiko yang bisa membahayakan terhadap aspek quality maupun safety. Proses Safety Manajemen merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi potensi resiko yang akan terjadi sehingga bisa diketahui lebih dini langkah pencegahannya. Hazard Operability (HAZOP) adalah salah satu metode yang bisa digunakan untuk melakukan proses analisa resiko dari setiap tahapan produksi di unit Blending and Filling. Selanjutnya hasil dari HAZOP diintegrasikan dengan LOPA (Layer of Protection Analysis) untuk menilai kecukupan Independent Protection Layer (IPL) dan menetapkan nilai Safety Integrity Level (SIL) yang merupakan hasil semi kuantitatif untuk mengukur performance yang dibutuhkan oleh Safety Instrumented Function (SIF). Hasil akhirnya akan berupa rekomendasi preventive action untuk mencegah terjadinya kejadian yang sama untuk menentukan penurunan nilai resiko setelah dilakukan perbaikan terhadap proses dan impak secara ekonomi sebagai hasil dari penurunan nilai resiko tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal integrasi proses (JIP) diterbitkan oleh Jurusan Teknik Kimia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dua kali dalam setahun. JIP menerima artikel dalam bidang teknik kimia berupa original research papers, reviewed papers dan short communications dari para peneliti, akademisi, industri dan ...