Gema Pendidikan
Vol 29, No 1 (2022): Januari, Gema Pendidikan

PENERAPAN STRATEGI TOP-DOWN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Madina Madina (Smp Negeri 4 Kendari)
Alimin Alimin (Universitas Halu Oleo)
Rohmana Rohmana (Universitas Halu Oleo)
Wahyudin Madil (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2022

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa SMP Negeri 4 Kendaridalam memahami isi bacaan pada mata pelajaran Bahasa Inggris melalui strategi top-down yang terdiri atas kemampuan memahami jenis teks, tujuan komunikatif teks, langkah retorika teks, gambaran umum teks, gagasan utama paragraph, makna kata, makna referensi, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, karakter tokoh cerita, dan pesan moral dari sebuah cerita. Sebanyak 33 orang siswa dilibatkan dalam penelitian ini yang dilaksanakan dalam dua siklus. Kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktifitas dan keterampilan kerjasama siswa selama proses pembelajaran pembelajaran diobservasi menggunakan format observasi. Tes kemampuan memahami isi bacaan diberikan untuk memperoleh data ketuntasan belajar siswa. Data kemampuan guru mengelola pembelajaran dan aktifitas siswa selama proses pembelajaran dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan data keterampilan kerjasama dan kemampuan memahami isi bacaan siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi top-down kemampuan guru mengelola pembelajaran dapat ditingkatkan dengan capaian kinerja sebesar 81,5% (sangat baik). Aktifitas siswa mengikuti proses pembelajaran juga dapat ditingkatkan dengan capaian kinerja sebesar 88,5% (sangat baik). Keterampilan kerjasama siswa tergolong sangat baik dengan persentase sebesar 80,98%. Kemampuan siswa SMP Negeri 4 Kendaridalam memahami isi bacaan dapat ditingkatkan hingga mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 93,94% dan nilai 70 atau lebih.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...