Kemampuan berhitung anak perlu distimulasi sejak dini. Hal itu perlu dilakukan menggunakan kegiatan yang menyenangkan. Nyatanya di PAUD Naratas kemampuan berhitung anak rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di kelompok A PAUD Naratas Rawamerta Kabupaten Karawang tahun pelajaran 2020/2021 melalui media bola aritmatika. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mctaggart. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelompok A PAUD Naratas yang berjumlah 15 anak. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak. Pada pra siklus kemampuan berhitung anak sebesar 30,4% dan meningkat sebesar 22,6% pada siklus 1 menjadi 53%, kemudian meningkat kembali sebesar 24% pada siklus II menjadi 77%. Berdasarkan hal tersebut ditemukan bahwa peningkatan terjadi melalui penggunaan media bola aritmatika disetiap siklusnya.
Copyrights © 2022