DIDAKTIK
Vol 1, No 2 (2007): DIDAKTIK

ANALISIS KONSTRUKSI TES TERHADAP EVALUASI HASIL BELAJAR

Harefa, Amin Otoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2007

Abstract

Abstrak: Analisis konstruksi tes adalah telaah terhadap seperangkat tes hasil belajar, apakah seperangkat tes hasil belajar tersebut layak sebagai tes yang baik dalam arti valid, reliable, objektif, dan praktis. Dengan demikian tes yang baik dapat mengukur hasil belajar siswa dengan tepat, mengoreksi kelemahan dan kekurangan yang dilakukan, meningkatkan efektivitas proses belajar-mengajar, menunjang kelancaran dan keberhasilan proses belajar-mengajar, serta dapat membantu tanggung jawab sekolah dalam memperlancar pelaksanaan kurikulum, membantu sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan, meningkatkan kredibilitas sekolah dengan adanya guru yang memiliki keterampilan dalam menyusun soal. Kata kunci: konstruksi tes, hasil belajar

Copyrights © 2007