Energi pada kendaraan sepeda motor tidak semuanya digunakan untuk menggerakan sepeda motor tersebut. Menurut data dari Departemen Energi Amerika (2014), hanya sekitar 12%-30% dari energi bahan bakar yang dikonversikan pada kendaraan perkotaan. Energi yang terbuang dapat berupa energi panas pada mesin, elektrik, transmisi, dan getaran. Guna meningkatkan efisiensi kendaraan, maka dilakukan perancangan dan simulasi dari Regenerative Swing Arm (RSA) yaitu sebuah sistem Regenerative Shock Absorber dengan memanfaatkan transmisi dengan spur gear pada swing arm belakang sepeda motor untuk memanfaatkan energi terbuang pada bagian suspensi dengan cara memanfaatkan gerakan putar dari swing arm sepeda motor. Selanjutnya Gerakan putar tersebut disalurkan melalui spur gear yang dilengkapi dengan oneway clutch untuk menggerakkan generator sehingga generator menghasilkan listrik yang kemudian dapat disimpan untuk keperluan kendaraan. Karakteristik dari SA-RSA didapatkan dari hasil simulasi menggunakan MATLAB dan SIMULINK. Variasi yang digunakan adalah variasi jalan, digunakan dua variasi. Variasi pertama berupa random input dengan eksitasi jalan kelas A dengan variasi kecepatan sebesar 40km/h, 60km/h dan 80km/h. Variasi kedua merupakan input sinusoidal dengan amplitudo sebesar 10cm dan variasi frekuensi sebesar 1Hz, 1,5Hz dan 2Hz. RMS daya bangkitan, tegangan dan kuat arus paling besar dihasilkan pada saat diberi eksitasi sinusoidal dengan frekuensi 1 hz sebesar 6,058 x 10-8 Watt; 2,461 x 10-4 Volt; dan 1,44 x 10-6 Ampere. RMS percepatan vertikal terbesar pada system suspensi standar terjadi ketika diberi eksitasi sinusoidal dengan frekuensi 1hz sebesar 0,1256 m/s2, sedangkan pada sistem yang diberi RSA terjadi ketika diberi eksitasi sinusoidal dengan frekuensi 1hz dan hambatan 1ohm yaitu sebesar 0,09879 m/s2.
Copyrights © 2021