Jurnal Profesi Kependidikan
Vol 2, No 2 Okt (2021)

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Eksperimen Pencampuran Warna di TK Sakinah Bojo Baru

Arnawiah Arsyad (TK Sakinah Bojo Baru)
Syamsuardi Syamsuardi (Universitas Negeri Makassar)
Jenny Jenny (TK Yapkaeda)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kognitif anak melaluieksperimen pencampuran warna di TK Sakinah Bojo Baru. Masalah dalam penelitianini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui eksperimenpencampuran warna di TK Sakinah Bojo Baru? Pendekatan dalam penelitian iniadalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakan Kelas. Peningkatan kemampuan kognitif dianalisis secara deskriptifkualitatif pada siklus I dan siklus II yaitu mengenal warna dasar dan warna sekunderyang dihasilkan melalui eksperimen pencampuran warna menunjukkan bahwakemampuan kognitif anak berkembang dengan optimal. Hal ini membuktikan bahwakemampuan kognitif anak dapat ditingkatkan melalui eksperimen pencampuran warna.Kata kunci: Kemampuan kognitif, eksperimen pencampuran warna

Copyrights © 2021