Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

PENGGUNAAN MEDIA SIMULASI PhET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 9 MAKASSAR

Tullah, Hidayat (Unknown)
Azis, Aisyah (Unknown)
Helmi, Helmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Penerapan Media Simulasi PhET (Physics Education Technology) terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMAN 9 Makassar. Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hj. Aisyah Aziz, dan Helmi). Penelitian dengan jenis pre experiment dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan pengetahuan dan keterampilan terhadap hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media pembelajaran simulasi PhET serta ada tidaknya perbedaan diantara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. yang menjadi objek dalam penelitian ini berjumlah 32 peserta didik dari populasi. Sebelum di berikan pembelajaran siswa terlebih dahulu diberikan pre-test untuk mengetahuan kemampuan awal. Setelah proses pembelajaran kelas diberikan post-test kemudian didapat bahwa skor hasil belajar fisika  peserta didik mengalami perubahan yang signifikan 

Copyrights © 2021