Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 9, No 2 (2021): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN 1 WAGIRLOR KABUPATEN PONOROGO

Mahardhani, Ardhana Januar (Unknown)
Rustiya, Sela Ayu (Unknown)
Adiyaksa, Wily (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah melihat lebih jauh tentang strategi strategi kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di SDN 1 Wagir Lor. Untuk mencapai tujuan penelitian maka dilakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah SDN 1 Wagir Lor.  Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah: 1) Penyusunan perencanaan serta pengembangan sekolah dengan merancang rencana kegiatan dalam jangka pendek, jangka menengah maupun  jangka panjang. Mencakup visi, misi dan tujuan sekolah yang melibatkan semua stakeholder. 2) Kegiatan ekstrakurikuler di SDN 1 Wagir Lor ada kegiatan ekstrakurikuler drumband, karawitan, pramuka dan wartawan cilik. Dimana ekstrakurikuler drumband, karawitan dan wartawan cilik merupakan ekstrakurikuler yang baru ada di sekolah se Kecamatan Ngebel. 3) Perbaikan sarana dan prasarana yang didanai oleh dana BOS dan juga ada yang dibantu oleh komite sekolah. Perbaikan sarana dan prasarana yang dilakukan oleh Kepala Sekolah SDN 1 Wagir Lor adalah perbaikan ruangan perpustakaan, perbaikan ruang kelas dan  penambahan LCD Proyektor pada setiap ruang kelas. 4) Menjalin komunikasi dengan Komite merupakan kunci dari keberhasilan dalam melaksanakan program yang akan dijalankan sekolah, karena melalui komite ada koordinasi demi perbaikan sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...