GEARBOX Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol. 2 No. 1: Juni 2021

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF

Herman Herman (Universitas negeri Manado)
Bastian Rikardo Parhusip (Universitas Negeri Manado)
Yohanis Rampo (Universitas Negeri Manado)
Jemmy Charles Kewas (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model mind mapping pada siswa jurusan teknik kendaraan ringan kelas XI SMK Negeri 2 Bitung. Metode penelitan yang di gunakan adalah quasi experimental design dengan menggunakan desain penelitian pretest-posttest control-group design. Sampel yang di ambil dari kelas XI peneliti dengan jumlah 24 siswa. Kemudian sampel tersebut diberikan perlakuan pretest , setelah itu di berikan treatment secara bertahap. Setelah di berikan treatment, sampel tersebut di berikan posttest untuk mengukur hasil belajar pada kelompok. Perbedan hasil pretest dan posttest menunjukan hasil dari perlakuan yang di berikan. Hasil penelitian ini menujukan data yang di peroleh melalui analisis pengujian hipotesis di mana: thitung =6.38 dan harga ttabel =1.717144 dengan db () -2 = 12 + 12 – 2 = 22 pada taraf signifikan α = 0,05. Artinya :thitung = 6.38 >ttabel = 1.717144. maka dapat di simpulkan penggunaan model pembelajaran mind mapping memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa teknologi dasar otomotof di SMK Negeri 2 Bitung.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

gearbox

Publisher

Subject

Education Engineering Mechanical Engineering Other

Description

The scope of Jurnal Gearbox includes philosophy, learning models, learning methods, curriculum, learning, evaluation, management, and policies on vocational education. In addition, studies in global scope related to technical and vocational education and training areas which become the object of the ...