SASINDO
Vol 10, No 1 (2022): Januari 2022

Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman El Shirazy sebagai Alternatif Bahan Ajar Novel di SMA

Diana Resmi (Universitas PGRI Semarang)
Sri Suciati (Universitas PGRI Semarang)
Rawinda Fitrotul Mualafina (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud nilai pendidikan karakter dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy dan mendeskripsikan novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy dalam perannya sebagai alternatif bahan ajar novel di SMA. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukan 10 nilai pendidikan karakter dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy. Nilai pendidikan karakter ini ditemukan melalui analisis terhadap unsur intrinsik yang ada dalam novel. Kesepuluh nilai pendidikan karakter itu antara lain religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, demokrasi, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Kesepuluh nilai pendidikan karakter ini tercermin pada perilaku tokoh melalui penggambaran langsung penulis dalam cerita, respon tokoh lain yang ada dalam cerita, dan sikap tokoh yang ditunjukkan dalam cerita. Nilai pendidikan karakter yang dominan muncul adalah religius. Dari tiga aspek kriteria pemilihan bahan ajar yang baik, novel ini memenuhi semua kriteria tersebut baik dari aspek bahasa, psikologi, dan aspek latar belakang budaya.

Copyrights © 2022