SASINDO
Vol 10, No 1 (2022): Januari 2022

Penerapan Model Project Besed Learning Berbantuan Google Classroom dalam Pembelajaran Menulis Resensi Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Demak

Vina Astriningsih (Universitas PGRI Semarang)
Agus Wismanto (Universitas PGRI Semarang)
Azzah Nayla (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model project besed learning berbantuan Google Classroom dalam pembelajaran menulis teks resensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Demak tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas XI MIPA 02. Teknik penggumpulan data menggunakan instrument tes dan nontes dalam bentuk observasi, angket dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yakni (1) model project besed learning berbantuan Google Classroom dalam pembelajaran jarak jauh (2) hasil penerapan model project learning dalam kemampuan menulis resensi dalam kategori baik, yaitu dengan nilai rata-rata 85. (3) penilaian dilakukan sesuai dengan pedoman penilaian pembelajaran menulis resensi, dengan penilaian tertinggi 5 skor dan terendah 1 skor; (4) model pembelajaran dilaksanakan dengan langkah-langkah pembelajaran sesuai sintakmatik. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat diketahui bahwa penerapan model project besed learning berbantuan Google Classroom pada pembelajaran menulis resensi buku dalam kategori baik. Selain itu, nilai pembelajaran menulis resensi buku memperoleh hasil memuaskan.

Copyrights © 2022