Visual Communication Design
Vol 3, No 1 (2014)

MENGANGKAT BUDAYA DAN TRADISI IMLEK MELALUI GAME

Djauhari, Anastasia Anette ( Institut Teknologi Bandung)
Ahmad, Hafiz Aziz ( Institut Teknologi Bandung)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2014

Abstract

Kebudayaan Imlek merupakan suatu budaya dan tradisi Tionghoa yang terpenting, dikarenakan dikenal paling luas, danmerupakan budaya inti Tionghoa yang didominasi warna merah dan emas. Kini, keberadaan budaya Imlek ini krisis diIndonesia, disebabkan beberapa faktor. Diantaranya, terkait oleh pilihan agama, acara adat istiadat yang cukup ribetuntuk orang-orang yang tidak mengeri, sempat hilang beberapa dekade dengan adanya pelarangan hukum, danperalkulturasi budaya. Namun, faktor terbesar disebabkan oleh perkembangan zaman. Budaya Imlek yang kurangterekspos media, dibandingkan dengan budaya-budaya asing lainnya yang masuk ke Indonesia, yang terekspos terusmenerus oleh media, menyebabkan budaya Imlek menjadi kurang populer dikalangan anak-anak muda Tionghoa.Melalui survei dan studi literatur, media yang dipilih sebagai bentuk solusi adalah game edukatif berisi pesan danpengajaran budaya Imlek agar target memahami budaya tersebut dan melestarikannya kembali. Tujuan pembuatangame edukatif ini selain sebagai pedoman untuk target dalam memahami budaya Imlek, adalah juga untuk mengajarkankepada mereka untuk lebih mencintai budaya sendiri. Game ini dapat diinstal di seluruh devide dengan OS Adroid,dimana sudah sangat umum di kalangan target. Alur cerita dan konten bertemakan budaya Imlek, berupa permainandengan karakter utama Imlek, Barongsai.// //

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

VISCOM

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Visual Communication Design section of ITB Undergraduate Journal of Visual Art and Design welcomes orginal articles exploring creative works and/or research in the area of visual communication and multimedia. It focuses, but not limited to, any creative ideas and pratical knowledge as results ...