cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Visual Communication Design
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
The Visual Communication Design section of ITB Undergraduate Journal of Visual Art and Design welcomes orginal articles exploring creative works and/or research in the area of visual communication and multimedia. It focuses, but not limited to, any creative ideas and pratical knowledge as results from exploring visual messages such as logos, magazine/newpaper design, sign system, branding, corporate identity, animation, game, and website among others.
Arjuna Subject : -
Articles 81 Documents
PERANCANGAN GAME “THEATRE JUMPER” SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMPOPULERKAN GEDUNG TEATER DI INDONESIA SECARA MENGHIBUR DAN INFORMATIF Novanda, Antonius Aditya; Mutiaz, Intan Rizky
Visual Communication Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Visual Communication Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.168 KB)

Abstract

Abstrak Di era modern seperti ini, hiburan yang bersifat digital dengan basis teknologi sudah sangat populer. Hiburan yang bersifat tradisional seperti teater seakan-akan menjadi kurang diminati karena kalah bersaing dengan hiburan modern. Padahal, seni pertunjukan di Indonesia memiliki sejarah dan keunikan tersendiri karena variasi jenis pertunjukan yang berbeda-beda di beberapa daerah. Unsur hiburan dari teater tradisional Indonesia sendiri juga tidak kalah menarik dari hiburan modern, bahkan ada nilai lebih yang ditawarkan seperti moralitas dan nilai-nilai kehidupan. Walaupun hiburan teater seperti kalah bersaing dengan hiburan modern namun dengan memanfaatkan kelebihan hiburan yang berbasis teknologi, seni pertunjukan juga bisa berkembang.  Kata Kunci : game, teater, theatre jumper, gedung teater Abstract In this modern era, digital entertainment based on technology is very popular. Traditional entertainment such as theater seemed to be less desirable because it can’t compete with modern entertainment. In fact, the performing arts in Indonesia have a history and unique characteristics due to variation of performances in some region. Entertainment elements of traditional Indonesian theater itself is also not less interesting than modern entertainment, there are even more value to offer such as morality and values ​​of life. Although theater seems hard to compete with modern entertainment, but by using the advantages of technology-based entertainment, performing arts can flourish.
Media Pengenalan Konsep Dasar Pecahan Melalui Buku Cerita “Balok Balok Es Poyo” untuk Sekolah Dasar Rahmawati, Nandiasa; SUNARTO, PRIYANTO
Visual Communication Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Visual Communication Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.168 KB)

Abstract

Abstrak   Media pembelajaran sangat penting dalam perkembangan pemahaman terhadap materi, terutama beberapa materi yang dianggap sulit oleh siswa di awal sekolah dasar. Namun media yang ada sekarang ini sayangnya masih dianggap kurang ‘bersahabat’ dan momok matematika belum terhapus dari keseharian kebanyakan anak. Tulisan ini menjelaskan tentang bagaimana sebuah konsep dasar tentang sebuah materi divisualisasikan melalui kolaborasi antara buku cerita dan permainan dibuat untuk membantu menghapuskan momok tentang matematika yang tidak menyenangkan. Kolaborasi tersebut berupa paduan konsep yang disulap menjadi materi cerita dan illustrasi yang menarik perhatian anak dasar yang dapat digunakan oleh orang tua murid dirumah atau pembuka materi oleh guru, yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan kelas yang memberikan pembelajaran berupa pengalaman. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa desain grafis, salah satu tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk memberi sumbangan kecil bagi dunia pendidikan untuk siswa SD. Kata Kunci : Buku cerita, Pecahan, Ilustrasi   Abstract Learning Media is very important in development of an understanding of subject, especially some of subject that was considered difficult by students in early elementary school. But now, media is unfortunately still considered “unfriendly” and scourge of mathematics has not been erased from everyday life of most children. This writing explain about math disagreeable. The collaboration in form of a concept changed into matter stories and illustration which concern the basic learning to experience. Therefore, as a student of graphic design, one of the aims to this final assignment is to contribute small idea for the world of education of elementary school.
PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI ENSIKLOPEDIA MENGENAI TEH HITAM CIWIDEY Livianisa, Mirna; Koapaha, Alfonzo Ronald
Visual Communication Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Visual Communication Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.168 KB)

Abstract

Abstract Tea is one of popular drinks in Indonesia, especially in West Java. Black Tea is a type of tea that people around the world loves most and Ciwidey plantation is one of area that produces Indonesian black teas with export quality. The lack of appreciation of the West Java people, the number of people who are unfamiliar with the benefit of black tea, and also there has no book that focused to black tea build the idea of making this Illustrated Encyclopedia of Ciwidey’s Black Tea.     Abstrak Teh merupakan salah satu minuman yang lekat dengan keseharian masyarakat Indonesia terutama di Jawa Barat.Teh hitam merupakan jenis teh yang banyak diminati pecinta teh di dunia dan daerah perkebunan Ciwidey merupakan salah satu penghasil teh hitam dengan kualitas ekspor di Indonesia. Kurangnya apresiasi penduduk Jawa Barat terhadap teh lokal dan banyaknya masyarakat yang belum mengenal khasiat teh hitam, juga belum adanya buku yang fokus menjelaskan mengenai teh hitam menjadi latar belakang disusunnya Buku Ilustrasi Ensiklopedia mengenai Teh Hitam Ciwidey. KataKunci :ensiklopedia, ilustrasi, jurnal, perancangan buku, teh hitam
PROMOSI KULINER LOKAL SEBAGAI DAYA JUAL PARIWISATA INDONESIA UNTUK BACKPACKER ASING Primasari, Astri; Siswojo, Tirto
Visual Communication Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Visual Communication Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.168 KB)

Abstract

Abstrak Pariwisata adalah salah satu sektor devisa negara yang tidak terelakkan pentingnya. Berdasarkan pemikiran tersebut, Indonesia seharusnya memiliki penanganan khusus di bidang pariwisata, salah satunya dengan pelabelan branding yang kuat. Kuliner merupakan salah satu bidang yang potensial untuk diolah, karena kegiatan apapun yang dijalani selama para backpacker -tipe wisatawan terbanyak yang datang ke Indonesia- berwisata tidak akan lepas dari kebutuhan untuk makan. Promosi ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, dengan menumbuhkan rasa penasaran dan keyakinan dalam pikiran mereka, bahwa kuliner lokal Indonesia itu unik, menarik, dan memiliki sensasi tersendiri jika disantap langsung di tempat makanan itu dibuat.  Kata Kunci: indonesia, jurnal, kampanye, kuliner, pariwisata, visit  Abstract Tourism is part of the backbone that supports a country’s economic life. According to that fact, Indonesia should have a special concern by building a strong branding for it’s tourism. Culinary is one of a choice that has big potential to work out, because despites everything the backpackers -Indonesia’s most type of tourists- do when they travel, they will always have a need to fill the stomachs. The goal of this promotion is to increase the number of Indonesia’s foreign visitors, by giving impression and belief that Indonesia’s local culinary has a unique, interesting, and cool sensation to be enjoyed right there together with the natives.
EKSPLORASI MEDIA ALTERNATIF BAND INDIE L’ALPHALPHA MELALUI PENDEKATAN MULTIMEDIA Assilmia, Fathima; Hertiasa, Hendy
Visual Communication Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Visual Communication Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.168 KB)

Abstract

Abstrak Indie atau independen merupakan gerakan anak muda untuk melawan arus dan berani tampil beda. Sebagai salah satu band yang membawa semangat indie L’alphalpha memiliki keunikan pada konsep story telling pada musiknya dan penggunaan mainan anak-anak sebagai alat musik. Akan tetapi potensi tersebut belum mendapat apresiasi yang cukup. Kurangnya dana berakibat pada promosi yang minimal dan seadanya. Maka dari itu perlu dibuat sebuah media alternatif yang yang unik dan berbiaya minimal. Solusi media yang ditawarkan adalah sebuah video klip musik interaktif berbasis internet. Penggabungan fungsi representasi musik dari video klip digabungkan dengan unsur menghibur dari game serta pemanfaatan jejaring sosial dari media internet adalah solusi yang tepat.  Kata Kunci : game, indie, internet, musik, video. Abstract Indie or independent is a movement of young people who dare to be different. As a band with the independence spirit of young people, L’alphalpha has a unique concept of “Semi-ambient Story Telling” music where children’s toys are used as musical instruments. Unfortunately, this great potential has not yet be appreciated. Limited amount of fund also lead them to the lack of publication. That is why, idea and concept applied in low budget high impact media is an urge. The idea is to create an internet based music video game. The combination of representative visualization, interactivity of game, and social network is a low cost-high impact strategy as it is.
Melestarikan Mitologi Cina Yang Mengiringi Tradisi Tahun Baru Imlek di Indonesia Melalui Picture Book Dwijayanti, Hutami; Naomi, Haswanto
Visual Communication Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Visual Communication Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.168 KB)

Abstract

Abstrak Tradisi tahun baru Imlek merupakan salah satu kekayaan multikultural bangsa Indonesia, tradisi tersebut seperti tradisi lainnya juga diiringi oleh cerita mitos yang mengandung nilai-nilai dalam tradisi tersebut. Namun sayang, nilai filial piety atau bakti kepada orang tua serta refleksi diri yang merupakan nilai luhur dalam tradisi serta mitologi yang mengiringi tradisi tahun baru Imlek kini hilang akibat vakumnya budaya serta tradisi masyarakat peranakan Tionghoa di Indonesia selama 32 tahun akibat kebijakan asimilasi pemerintah orde baru.   Vakumnya tradisi tersebut mengakibatkan pergeseran makna serta salah pengertian dalam masyarakat terhadap tradisi tersebut. Mitologi tersebut berbentuk naratif dan merupakan cerita fantasi yang dipercaya sebagai kejadian masa lampau oleh sekelompok masyarakat tertentu. Pelestarian kembali nilai-nilai yang terdapat dalam mitologi yang mengiringi tradisi tahun baru Imlek menjadi tujuan utama penulis dalam mengkaji permasalahan di atas.  Kata Kunci :anak-anak,  jurnal, picture book, mitologi, imlek Abstract Chinese New Year Tradition / Imlek was one of many multicultural riches in Indonesia, those tradition like others tradition also followed by myths which contain valuable meaning. But,those tradition vacuumed for 32 years in Indonesia by asimilation policy by government and make filial piety and self reflection as valuable meaning in that tradtion become lack. Those tradition now lack of meaning, lot of people don’t carry out so much those  tradition and celebrating it for euforia. Also, this tradition vacuum cause tradition displacement meaning and insight in Indonesian Chinese people. Those mythology was told in narratives form and be trusted as true story for some people. Conservating those mythology of Chinese New Year Tradition valuable meaning in Indonesia become final purpose writers studying those problems.
DESTINATION BRANDING HUTAN BABAKAN SILIWANGI M Ridwan, Imam; Achmad, Dody
Visual Communication Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Visual Communication Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.168 KB)

Abstract

Abstrak Saat ini, ruang terbuka di kota Bandung sangat kurang dengan kualitas udara yang semakin buruk. Maka diperlukan upaya membangun kesadaran masyarakat kota Bandung terhadap hal ini. Babakan Siliwangi merupakan salah satu ruang terbuka hijau (RTH) yang memiliki fungsi ekologis dan sosial yang tergolong cukup besar di kota Bandung. Perancangan destination branding Hutan Babakan Siliwangi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan rasa kepemilikan masyarakat kota Bandung terhadap Babakan Siliwangi sebagai hutan kota dengan segala potensi lingkungan alamnya. Dengan dibuatnya suatu rancangan sistem grafis Hutan Babakan Siliwangi yang menarik akan mempermudah masyarakat untuk mengenali dan mengakses hutan ini. Kata Kunci : destination branding, babakan siliwangi, environmental graphic design   Abstract Nowadays, open spaces in Bandung is decreasing, with air quality that getting worse. It would require an effort to build an awareness of Bandung peoples on this problem. Babakan Siliwangi is one of the green open space (RTH), which has a quite large ecological and social functions in Bandung. Destination branding of Babakan Siliwangi forest is expected to increase the public awareness and sense of ownership of Bandung peoples on Babakan Siliwangi as urban forest with all the potential of its natural environment. With the implementation of a spicy graphical system design at Babakan Siliwangi Forest will ease people to recognize and access to this forest.
PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL PENINGKATAN KEWASPADAAN MASYARAKAT TERHADAP TSUNAMI Kusnadi, Lydia Maria; Safira, Ifa
Visual Communication Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Visual Communication Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.168 KB)

Abstract

Abstrak Indonesia adalah negara rawan tsunami yang membutuhkan strategi mitigasi tsunami yang berkelanjutan untuk menekan efek negatif dari bencana ini. Dibutuhkan strategi komunikasi tertentu untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat untuk membangun kesadaran yang bertahan lama dan berkelanjutan terhadap tsunami. Strategi komunikasi massa dipilih untuk menyampaikan pesan ini, diaplikasikan pada konsep visual, bahasa, dan media dengan menggunakan nilai-nilai lokal. Kampanye ini mengamil judul “Gesit” untuk membangun budaya gesit pada masyarakat terutama ketika tsunami datang. Informasi yang disampaikan berisi pengetahuan dasar mengenai tsunami, perangkat darurat dalam menghadapi tsunami, guna mengurangi efek dari tsunami.  Kata Kunci : tsunami, jurnal, mitigasi, kampanye sosial Abstract Indonesia is tsunami prone country which needs sustainable preparedness to minimize the disaster impact. There’s certain communication strategy needed to raise people’s awareness and knowledge in order to build sustainable local community preparedness toward tsunami.Communication strategy chosen to deliver tsunami preparedness message is mass communication theory, applied in social campaign which the visual, language, and media, imply local culture values. The campaign concept itself called “Gesit” means being agile, aim to build agile culture in coastal society, especially when the tsunami strikes. Information given are general knowledge about tsunami , response needed during tsunami, emergency kit and first aid instruction, preparedness guide to reduce tsunami impact.
KAMPANYE “ACTFFECTION” UNTUK OPTIMALISASI QUALITY TIME IBU DAN ANAK Putri, Medirasari; Budiarti, Lies Neni
Visual Communication Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Visual Communication Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.168 KB)

Abstract

Abstrak Pada era urban seperti saat ini, quality time antara ibu dan anak, khususnya untuk para ibu yang mempunyai karir, sangat minim. Namun pada kenyataannya, anak-anak membutuhkan perhatian lebih, tidak hanya secara fisik namun juga psikologis. Komunikasi dengan hati yang didukung oleh bahasa non verbal (sentuhan, gestur, dan tatapan mata) sangat dibutuhkan di masa ini. Karena 80% emosi, tersampaikan lewat bahasa non-verbal. Waktu kebersamaan antara orang tua dan anak tidak selalu berkualitas, kecuali kebersamaan tersebut disertai keterlibatan emosi dan hati sepenuhnya.Maka dibutuhkan suatu gerakan atau kampanye yang bisa menggunggah para ibu agar menjaga dan mengoptimalkan quality time dengan anak mereka.Kata Kunci : kampanye, komunikasi, quality time, ibu dan anak
ANIMASI INTERAKTIF WAWASAN LAYANG-LAYANG NUSANTARA Pangastuti, Moerdiani Dyah; Sunarto, Priyanto
Visual Communication Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Visual Communication Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.168 KB)

Abstract

Abstrak Layang-layang merupakan karya karya budaya yang telah menjadi salah satu bentuk permainan di Masyarakat, terutama pada masyarakat petani. Hingga sekarang, Layang-layang merupakan  karya budaya yang memiliki karakter Multidimensi. Layang-layang juga sangat berperan penting sebagai media promosi dan memperkenalkan budaya Nusantara lainnya. Misalnya layang-layang yang berbentuk barong, tokoh pewayangan, layang-layang bersusun orang yang memakai baju daerah, dan ukiran-ukiran khas nusantara yang terdapat di layang-layang tradisional. Keragaman budaya yang ada di Indonesia juga menghasilkan keberagaman jenis dan bentuk layang-layang tradisional di berbagai daera hal itu menjadi bukti kekayaan khazanah layang-layang Tanah Air. Oleh karena itu, Layang-layang menjadi komoditas berharga, baik dari ekonomi, budaya dan pariwisata. Apalagi layang-layang kini digemari oleh berbagai bangsa di berbagai belahan dunia. Lewat layang-layang juga dapat dijalin persahabatan dengan adanya kompetisi dan festival layang-layang, baik di tingkat lokal, regional, maupun Internasional. Layang-layang merupakan permainan tradisional yang cukup digemari .Namun seiring berkembangnya teknologi komunikasi, permainan ini sudah mulai tergantikan oleh permainan lainnya yang lebih canggih. Melalui survey dan studi literatur, animasi interaktif menjadi media yang dipilih. Animasi interaktit dapat diakses dengan mudah dan dapat diakses melalui social media,internet,dan lain-lain, dan memungkinkan interaksi dari orang yang menontonnya.  Alur cerita dan konten berupa wawasan tentang layang-layang di dalam animasi tersebut diharapkan dapat membangkitkan memori akan permainan  tradisional tersebut dan sekaligus menambah wawasan penontonnya. Kata Kunci : Animasi, Layang-layang, Interaktif, Permainan   Abstract Kite is a cultural work that has become one of the game in society, especially in farming communities. Until now, The kite is a work culture that has a multidimensional character. The kite is also have an important role as a media campaign and introduce other Nusantara culture. For example, a kite-shaped barong, puppet characters, kite tiered person wearing the traditional clothes, and carvings typical of the archipelago is located in a traditional kite. Cultural diversity in Indonesia also produces the diversity of types and forms of traditional kites in various place it became evident wealth of treasures kite country. Therefore, the kite becomes a valuable commodity, both in economy, culture and tourism. Moreover, the kite is now favored by various nations around the world. Through the kite can also forged friendships from competition and kite festival, at local, regional, and international. kite is a quite popular traditional game. But with the development of communications technology, this game has replaced by other sophisticated games. Through surveys and literature studies, interactive animation become selected media. Interaktit animation can be accessed easily and through social media, internet, etc., and allows the interaction of people who watch it. Storyline and content about the kite in the animation is expected to evoke the memory of traditional games and at the same time broaden the audience.