Menara Ilmu
Vol 16, No 2 (2022): VOL. XVI NO. 2 JANUARI 2022

PENGARUH LAYANAN KOMUNIKASI BERCORAK ISLAMI PEGAWAI CALL CENTER PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTANADI KOTA MEDAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Maharani Rizky Putri Siagian (Unknown)
Jufri Naldo (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2022

Abstract

Layanan komunikasi yang islami pegawai call center PDAM Tirtanadi Kota Medan memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif tentang layanan call center dalam mengatasi keluhan, kritik maupun saran dari pelanggan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Satisfaction Costumer’s, yang berarti pelanggan sebagai evaluator terhadap layanan perusahaan. Tujuan utama penelitian ini adalah melihat ketepatan waktu pelayanan dari pegawai dan melihat bagaimana respon pelanggan–baik dalam keadaan amarah maupun tanpa kondisi amarah. Tanpa kondisi amarah memiliki arti si pelanggan memiliki banyak pertanyaan atas rasa ingin tahunya untuk menyelesaikan masalah yang ia hadapi. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif variabel layanan call center islami (X) terhadap variabel kepuasan pelanggan PDAM Tirtanadi Medan Kota (Y), dengan persentase 0,650 (65%) yang berarti berkorelasi kuat. Sikap call center islami juga memberi pengaruh positif kepada pelanggan dengan wujud hilangnya amarah, menjernihkan anggapan buruk, memperbaiki kesalahpahaman, serta merekatkan kembali hubungan perusahaan terhadap pelangggan. Penelitian ini memberikan teladan kepada perusahaan lain yang memiliki layanan call center untuk menerapkan komunikasi yang islami dalam menghadapi pelanggan yang mengajukan keluhan, kritik maupun saran dengan amarah maupun tanpa amarah sehingga menciptakan hubungan harmonis antara pelanggan dengan perusahaan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...