Metodik Didaktik
Vol 17, No 2 (2022): Metodik Didaktik Januari 2022

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA GURU SDN GUGUS IV PEKANBARU

Misrawati, Misrawati (Unknown)
Zarkasih, Zarkasih (Unknown)
Amini, Mukti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap motivasi dan kinerja guru SDN Gugus IV di Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan yang membuktikan apakah ada pangaruh variabel kepemimpinan terahadap motivasi kerja dan kinerja guru, pengaruh motivasi terhadap kinerja guru dan akan membuktikan apakah variabel motivasi dapat menjadi variabel moderasi yagn secara signifikan terhadap variabel kepemimpinan dan variabel kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru SDN Gugus IV Pekanbaru, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 99 guru yang terdiri dari Guru 36 guru SDN 182, 33 Guru SDN 17 dan 30 Guru SDN 191. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang disebarkan secara langung kepada responden yaitu guru SDN 182, 17, 191. Ada dua teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi sederhana dan analisis jalur dengan pendekatan Sobel Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan variabel kepemimpinan terhadap motivasi dan kinerja guru, motivasi berpengaruh secara signfikan terhadap kinerja guru SDN Gugus IV Pekanbaru, dan variabel motivasi dapat menjadi variabel moderasi yang signifikan dalam memoderasi variabel kepemimpinan terhadap kinerja guru.

Copyrights © 2022