Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA, Respon terhadap penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA dan Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran IPA dengan model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Temuan penelitian diantaranya adalah Implementasi dan Model Problem Based Learning (PBL) terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa terutama pada tema 6 merawat hewan dan tumbuhnan, skenario dan implementasi Model Problem Based Learning (PBL) tercantum dalam RPP, Silabus dan prosedur penerapan Model Problem Based Learning (PBL), Siswa merespon positif model pembelajaran Problem Based Learning dan terdapat kesulitasn peserta didik dalam beberapa kegiatan yaitu 1) kegiatan bertanya terkait materi pelajaran 2) kegiatan menjawab pertanyaan guru dan kelompok lain yang sedang presentasi 3)kegiatan menyampaikan pendapat dan 4) kegiatan menjelaskan disertai dengan diagram dan gambar.
Copyrights © 2022