Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar dan hasil belajar peserta didik pada saat pembelajaran jarak jauh (PJJ) PJOK di SMA Negeri Jogoroto. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik survey. Subjek penelitian kelas XI IPS sebanyak 137 peserta didik. Hasil penelitian didapat nilai proses pembelajaran sub indikator kesungguhan memperoleh prosentase tertinggi dengan nilai 95,2%, dan sub indikator sikap kepada teman memperoleh nilai prosentase terendah dengan nilai 61,6%. Untuk nilai rata-rata dari kesembilan sub indikator kuesioner diperoleh nilai 82,5%. Dari hasil wawancara dengan guru mata pelajaran didapat bahwa proses pembelajaran menggunakan handphone dengan bantuan aplikasi whatapp dan google form. Keterisian kuesioner sebesar 91%, yaitu 125 dari 137 peserta didik yang mengisinya. Sedangkan nilai hasil belajar didapat dari Penilaian Akhir Tahun (PAT), didapat nilai sebesar 54,7% belum memenuhi KKM dan 45,3% sudah memenuhi KKM. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa proses pembelajaran sudah berjalan baik, tetapi untuk hasil belajar belum mendapatkan nilai yang diharapkan. Karena banyak nilai peserta didik yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM), sehingga perlu adanya kegiatan remedial yang harus dilakukan.
Copyrights © 2021