Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 4 (2022)

Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini

Jazilurrahman Jazilurrahman (Pendidikan Agama Islam, Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo)
Faizatul Widat (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo)
Moch Tohet (Pendidikan Agama Islam, Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo)
Murniati Murniati (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo)
Titin Nafiā€™ah (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini di RA Qurani Nurur Rahmah pada. Metode penelitian menggunakan jenis kualitatif dan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan data dengan snowball sampling, sumber data yang digunakan ialah primer dan sekunder. Analisa data menggunakan analisa miles huberman. Hasil penelitian diperoleh temuan bahwa implementasi metode bercerita dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan dilakukan dengan pemilihan tema yang cocok untuk bahan cerita yaitu rekreasi yang di dalamnya mengandung banyak kegiatan yang dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal. Pada proses pelaksanaan dilakukan pengaturan tempat duduk, memberikan mimik wajah sesuai keadaan cerita dan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan. Evaluasi dilakukan dengan mengukur beberapa karakteristik yaitu sikap empati, sikap proposial dan sosial insight.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...