Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 4 No. 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 Desember Tahun 2021

PROSES PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI GOOGLE MEET TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 PLIKEN KEMBARAN BANYUMAS

Rully Adi Prasetyo (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Ana Andriani (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran daring menggunakan media aplikasi google meet terhadap keaktifan peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Pliken Kembaran Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV, peserta didik kelas IV yang berjumlah 10 peserta didik, dan orangtua peserta didik kelas IV yang berjumlah 6 orangtua peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Pliken Kembaran Banyumas. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman (proses pengumpulan data secara sistematis untuk mempermudah peneliti memperoleh kesimpulan, proses mencari dan menyusun secara sistematik data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain sehingga dapat mudah dipahami dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menujukkan bahwa proses pembelajaran daring menggunakan media aplikasi google meet terhadap keaktifan peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Pliken Kembaran Banyumas berjalan dengan efektif dan solusi terbaik dikarenakan aplikasi tersebut mudah dipahami oleh semua pengguna untuk dapat memberikan manfaat atau berdampak positif bagi pendidik seperti mengenal teknologi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...