Media Manajemen Pendidikan
Vol 4 No 3 (2022): Februari 2022

Manajemen Media Digital Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah SMP Kristen Kalam Kudus Yogyakarta

Bestian Lombu (Unknown)
Samsi Haryanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen media digital dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah SMP Kristen Kalam Kudus Yogyakarta. penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah Kristen Kalam Kudus Yogyakarta sudah menerapkan manajemen media digital. Dalam pelaksanaannya melalui kurikulum sekolah, Faktor pendukung terdiri dari faktor internal dan eksternal. Factor internal adalah adanya kerjasama antara kepala sekolah, guru, siswa, visi dan tujuan sekolah bermuara pada pemanfaatan fasilitas IT dalam proses belajar mengajar. Adanya kesadaran untuk memanfaatkan media digital dalam proses pembelajaran di sekolah. dan sarana prasarana yang memadai. Faktor eksternal yang mendukung adalah orang tua dan lembaga lain. hambatan yang dihadapi dalam manajemen media digital adalah gangguan jaringat internet, tidak semua SDM mampu memanfaatkan fasilitas media digital dengan baik, sekolah mengggatasi hambatan dengan terus melakukan pembenahan dan perbaikan dari sarana prasarana media digital, guru terus dibangun semangat untuk upgrade diri untuk meningkatkan kemampuan untuk menguasai ilmu IPTEK. sekolah harus mengadakan seminar media digital untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menguasai media digital

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mmp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Media Manajemen Pendidikan merupakan wadah publikasi ilmiah dalam bidang kependidikan dan manajemen pendidikan yang berasal dari hasil penelitian ataupun kajian teori. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam satu volume (tiap tahun) yaitu Februari, Juni, dan Oktober oleh Program Studi Manajemen ...