Jurnal Iqtishaduna: Economic Doctrine
Vol. 4 No. 2 (2021): Desember, Jurnal Iqtishaduna: Economic Doctrine

Analisis Produk Mendekati Kadaluarsa dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di PT. Nestle Indofood Citrarasa Indonesia)

Saputra, Sarti (Unknown)
ikit (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2022

Abstract

Agama Islam merupakan agama rahmatan lil’alamin. Sebagai agama rahmatan lil’alamin, sejak diturunkan di tengah-tengah umat, Islam telah mengatur hukum-hukum yang berhubungan dengan interaksi sosial (mu’amalah). Peran hukum mu’amalah ini menjadi penting jika melihat fitrah manusia sebagai makhluk sosial, karena manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat terlepas dari hubungan dan interaksi antara individu satu dengan individu yang lain, mereka saling membutuhkan satu sama lainnya dalam kehidupan ini, sejak mulai dilahirkan hingga sampai meninggal dunia. Hasil memperjualbelikan produk yang mendekati kedaluwarsa di PT. Nestle Indofood Citrarasa Indonesia maka dapat diambil kesimpulan bahwa menjual produk yang mendekati kedaluwarsa sama saja dengan menjual buah-buahan yang sudah hampir busuk, barang yang cacat, jual beli yang mengandung unsur penipuan maka hukumnya haram atau tidak sah untuk diperjualbelikan dalam kalangan masyarakat umum.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

iqtishaduna

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science Other

Description

JURNAL IQTISHADUNA adalah media publikasi karya ilmiah khusus fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Media ini diperuntukkan bagi mahasiswa dan dosen yang berhasil menyelesaikan tugas penelitiannya dan berkeinginan mempublikasikan karyanya melalui media online. Namun demikian jurnal ini terbuka untuk ...