Unnes Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education

PENCAPAIAN KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN MODEL CPS DAN TAPPS

Utami, Retno (Unknown)
Kartono, Kartono (Unknown)
Waluya, Stevanus Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada pembelajaran yang menggunakan model CPS dan TAPPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil secara acak dan terpilih tiga kelas sebagai kelas eksperimen I, eksperimen II, dan kontrol. Berdasarkan hasil uji proporsi diperoleh kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada pembelajaran yang menggunakan model CPS dan TAPPS mencapai ketuntasan belajar. Hasil uji anava dan uji lanjut  LSD menunjukkan bahwa kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran yang menggunakan model CPS lebih baik daripada model ekspositori, kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran yang menggunakan model TAPPS lebih baik daripada model ekspositori, kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran yang menggunakan model CPS lebih baik daripada model TAPPS.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ujme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development ...