Bahasa Indonesia Prima
Vol. 4 No. 1 (2022): Bahasa Indonesia Prima (BIP)

IMPLEMENTASI TEKNIK BRAINWRITING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VIII SMP

Mindo Uli Sinaga (Universitas Prima Indonesia)
Samsul Mustika (Universitas Prima Indonesia)
Pesta Junita Simamora (Universitas Prima Indonesia)
Irma Khoirot Daulay (Universitas Prima Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2022

Abstract

Abstrak -Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek melalui teknik brainwriting.  Motode penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing  siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan penilaian tes tertulis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Pangeran Antasari Medan, dengan jumlah peserta didik sebanyak 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik brainwriting dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek yang diukur dari persentase ketuntasan belajar setiap siklusnya. Persentase ketuntasan belajar meningkat dari siklus satu 64,71  %, siklus dua  79,41%,  siklus tiga 94,11 %.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BIP

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Transportation Other

Description

Jurnal Bahasa Indonesia Prima: Jurnal Bahasa, Sastra, Pendidikan, Pengajaran, Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat menerbitkan manuskrip penelitian, kajian teori, dan hasil pengabdian masyarakat, di bidang pendidikan, pengajaran, bahasa, sastra, linguistik, dan ilmu sosial. Bahasa Indonesia ...