Patria Educational Journal
Vol 2 No 1 (2022): Volume 2 Nomor 1 Maret 2022

Pengembangan Media Komik Lipat Rantai Makanan untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Analisis

difa yonky prastya (Universitas Nahdhatul ulama Blitar)
Widiarini Widiarini (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2022

Abstract

Abstrak : Media komik lipat sangat menarik digunakan sebagai media pembelajaran. Pengembangan media ini berawal dari adanya penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa, pengembangan media ini dilakukan dengan observasi langsung terhadap sebuah sekolah dan siswanya yang kemudian dilakukan penerapan penggunaan media komik sebagai media pembelaajaran. Komik Iipat sebagai media pembelajaran melalui serangkain proses yaitu berupa uji kevalidan oleh guru sebagai ahli sehingga akan menentukan valid dan tidaknya untuk media pembelajarn guna meningkatkan keaktifan siswa dan kemampuan analisis siswa. Melalui media komik lipat siswa dapat belajar dengan aktif karena materi yang disajikan menggunakan gambar sehingga siswa akan tertarik untuk menggunakanya disisi lain dengan media komik lipat siswa mampu membedakan,mengorganisasikan serta menghubungkan terkait muatan ipa rantai makanan. Penelitian ini menggunakan 5 tahapan dari model ADDIE yaitu analisis, perencanaan, pengembangan,implementasi, pelaksanaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angkeet untuk ahli media, ahli materi, respon pengguna (guru), respon siswa. Hasil uji coba kemenarikan siswa mendapatkan penilaian layak. Hasil uji coba pengguna (guru) mendapatkan kriteria layak. Berdasarkan hasil persentase dari ahli media, ahli materi, uji coba pengguna (guru), uji coba siswa maka produk komik lipat valid, layak, menarik untuk digunakan dalam pembelajaran Abstract : Folding comic media is very interesting to be used as a learning medium. The development of this media began with research with the aim of improving students' learning abilities, the development of this media was carried out by direct observation of a school and its students which was then implemented using comics as a mediium of learning. Folded comics as learning media go through a series of processes, namely in the form of a validity test by the teacher as an expert so that it will determine whether or not it is valid for learning media in order too increase student activity and student analytical skills. Through folding comic media students can learn actively because the material presented uses pictures so that students will be interested in using it. On the other hand, with folding comic media students are able to distinguish, organize and connect related to food chain science content. This study uses 5 stages of the ADDIE model, namely analysis, planning, development, implementation, implementation. Data collection techniques used in the form of questionnaires for media experts, material experts, user responses (teachers), student responses. The results of the student attractiveness test get a decent assessment. The results of user trials (teachers) get the criteria to be eligible. Based on the percentage results from media expeerts, material experts, user trials (teachers), student trials, the folding comic product is valid, feasible, interesting to use in learning

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pej

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Patria Educational Journal (PEJ) adalah jurnal penelitian peer-review dengan sistem akses terbuka yang diterbitkan oleh oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar,. Patria Educational Journal menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel ilmiah ...