Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 4, No 2 (2021): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia

Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Rizki Riyanto (Universitas Indraprasta PGRI)
Sumaryoto Sumaryoto (Universitas Indraprasta PGRI)
Masrin Masrin (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor, 2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor, 3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Penelitian dilakasanakan di SMK Inovatif Leuwiliang dan SMK Bina Cendekia di kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Sampel yang digunakan 66 siswa dengan model analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sighitung = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 44,525 > Ftabel 3,143, 2) Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sighitung = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,571 > ttabel = 1,998, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,715 > ttabel = 1,998. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Bahasa Indonesia, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar Siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

diskursus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across ...