Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi, 2) pengaruh persepsi kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi, dan 3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian yaitu siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi dengan jumlah 827 siswa. Sampel penelitian yaitu dengan jumlah 89 siswa. Teknik pengambilan sampel secara acak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis diperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 42,828. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 8,118. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,047 < 0,05 dan thitung = 2,018. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan hasil prestasi belajar bahasa Indonesia di tingkat SMK Negeri di Kabupaten Bekasi. Kata Kunci: Persepsi Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia
Copyrights © 2021