Papua Journal Physics Education
Vol 2, No 1 (2021): PAPUA JOURNAL OF PHYSICS EDUCATION (PJPE)

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PENGETAHUAN LINGKUNGAN

Adeline Silaban (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih)
Muhammad Akbar (Prodi Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam memecahkan masalah pada proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang memaparkan secara apa adanya dari hasil penelitian tanpa ada yang diubah. Populasinya adalah mahasiswa pendidikan fisika dari angkatan 2018-2021. Pengambilan sampel dalam penelitian adalah cluster random sampling, berdasarkan populasinya kelas yang terpilih angkatan 2020 yang berjumlah 22 orang. Pengambilan data menggunakan tes instrumen pada kemampuan berpikir kritis masing-masing peserta. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata-rata kemampuan berpikir kritisĀ  berada dalam rentang kategori sedang dengan persentase 58,19%. Hasil penelitian menunjukkan indikator kemampuan berpikir kritis kategori tinggi antara lain memberikan penjelasan sederhana dengan skor rata-rata yaitu 3,85 dan indikator kategoriĀ  rendah adalah mengatur strategi dengan skor rata-rata yaitu 1,95 dibandingkan indikator yang lainnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Papua Journal of Physics Education (PJPE) menerbitkan hasil penelitian tentang pendidikan fisika yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan pendidikan fisika, dan pembelajaran ...