Papua Journal Physics Education
Vol 2, No 1 (2021): PAPUA JOURNAL OF PHYSICS EDUCATION (PJPE)

ANALISIS PENGUASAAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Maura Trynovita Sakliressy (Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih)
Triwiyono Triwiyono (Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih)
Florentina Maria Panda (Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2021

Abstract

Keberhasilan dalam pembelajaran adalah ketika peserta didik memiliki kemampuan memahami suatu konsep secara ilmiah dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan penguasaan konsep antara peserta didik yang diajarkan dengan model PBL dan model kooperatif tipe STAD pada materi tekanan zat cair. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan quasi experimental. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 11 Jayapura dengan sampel yang digunakan adalah kelas VIII E sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model PBL dan VIII F sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil peningkatan penguasaan konsep menunjukkan nilai n-gain seluruh konsep pada kelas eksperimen sebesarĀ  0,72 yang tergolong kategori penguasaan konsep tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,61 tergolong kategori hasil belajar sedang. Hasil uji t menunjukkan terdapat perbedaan penguasaan konsep yang signifikan antara peserta didik yang diajarkan menggunakan model PBL dan peserta didik yang diajarkan dengan model kooperatif tipe STAD yang ditunjukkan nilai signifikasi ???? < 0,05 yaitu sebesar 0,000, untuk seluruh konsep yaitu konsep tekanan hidrostatis, konsep Hukum Archimedes, dan konsep Hukum Pascal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PJPE

Publisher

Subject

Education

Description

Papua Journal of Physics Education (PJPE) menerbitkan hasil penelitian tentang pendidikan fisika yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan pendidikan fisika, dan pembelajaran ...