INVENTION: Journal Research and Education Studies
Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020

Implementasi Knowledge Management di Lembaga Pendidikan SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta

Yuliyati, Erlina (Unknown)
Maghfuri, Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2020

Abstract

Knowledge management merupakan salah satu cabang dari pengetahuan yang mulai berkembang di era modern, era dimana informasi bergerak dengan cepatnya sehingga menuntut ilmu pengetahuan juga mengalami perkembangan. Perkembangan ilmu pengetahuan, dalam ranah manajemen menawarkan solusi bagi suatu organiasi atau lembaga untuk mencapai tujuannya dengan pencapaian keunggulan yang kompetitif. Salah satu bukti dari perkembangan ilmu pengetahuan adalah lahirnya konsep knowledge management (manajemen pengetahuan). Dalam perspektif organisasi, knowledge managemen merupakan aktifitas organisasi memperoleh pengetahuan, menata, mempertahankan, menerapkan, berbagi, dan memperbaharui segala bentuk pengetahuan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep knowledge management yang dilakukan di Sekolah Islam Al-Azhar Yogyakarta. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan data bersifat deskriptif analisis  melalui studi kasus. Data diperoleh dengan wawancara dengan Wakabid Kurikulum SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan di lembaga pendidikan tersebut dilihat dari aspek pengembangan kompetensi sumber daya manusia. Berbagi pengetahuan di lembaga pendidikan Islam Al-Azhar dilakukan melalui pengetahuan tacit individu yang dibagi dengan pengalaman dalam interaksi sosial sehari-hari. Untuk membuat pengetahuan baru, dilakukan dengan mengadakan pertemuan, workshop, seminar dan sebagainya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jres

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Invention invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to Education, which include textual and field studies with various perspectives, Educational Management, Educational Policy, Educational Technology, ...