PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol. 2 No. 2 (2017)

Analisis Kualitas Pertanyaan pada Penggunaan Model Discovery Learning disertai Dialog Socrates

Chrisnia Octovi (Universitas Sebelas Maret)
Linnasif Sari Dewi (Universitas Sebelas Maret)
Suciati Suciati (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas pertanyaan siswa pada penggunaan model discoverylearning disertai dialog Socrates. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitiansiswa kelas XI SMA di Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 26 siswa. Data kualitaspertanyaan siswa dikategorikan menjadi 3 (tinggi, sedang, rendah) yang diperoleh dari pertanyaan yangdibuat oleh siswa. Teknik non-tes digunakan untuk pengumpulan data yaitu menggunakan metodeobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kualitaspertanyaan yang dibuat siswa pada kategori sedang sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa pertanyaan yang dibuat oleh siswa pada penggunaan model discovery learning disertaidialog Socrates mengalami peningkatan dari kategori rendah ke kategori sedang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

PSEJ contains a variety of scientific articles related to research in the field of Science Education and application of science (Biology, Chemistry, Physics). The scope of science education also includes study of Physics Education, Biology Education, Chemical Education and Environmental Education. ...