JURNAL PENDIDIKAN INDONESIA: Teori, Penelitian, dan Inovasi
Vol 2, No 1 (2022): Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING

Anik Istidah (Universitas Islam Nusantara)
Usep Suherman (Universitas Islam Nusantara)
Abdul Holik (Universitas Islam Nusantara)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2022

Abstract

Penelitian Tindakan ini dilatarbelakangi oleh adanya model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, dalam proses belajar mengajar, guru belum mampu menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, sehingga siswa mengalami kejenuhan selama proses pembelajaran dan siswa kurang berperan aktif, siswa masih suka bermain sendiri saat belajar, sehingga hasil belajar siswa tidak mencapai KKM. Berdasarkan rumusan penulis, penulis merumuskan hipotesis: bahwa jika dengan menggunakan metode Discovery Learning pada pembelajaran IPA maka akan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan: (a) untuk menerapkan metode discovery learning untuk peningkatan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV MI Daarul Qolam Bandung, (b) untuk mengetahui hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya melalui metode discovery learning pada siswa kelas IV MI Daarul Qolam Bandung, (c) untuk meningkatan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya melalui metode discovery learning pada siswa kelas IV MI Daarul Qolam Bandung. Metode yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan langkah-langkah yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode Discovery Learning. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV terdiri dari 34 siswa. Penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dalam materi sifat-sifat cahaya melalui metode Discovery Learning dapat meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I dan II. Pada siklus I siswa yang tuntas KKM sebanyak 10 siswa atau 29,41%. Pada siklus II siswa yang tuntas KKM sebanyak 30 siswa atau 88,23% meningkat 58,82% dari siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas IV MI Daarul Qolam Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung tahun pelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPI

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi adalah jurnal peer-review yang memiliki ISSN (2807-3878) yang diterbitkan oleh Penerbit Widina di bawah Badan Hukum CV. Widina Media Utama sejak tahun 2021. JPI merupakan media terintegrasi untuk komunikasi berkelanjutan terkait dengan ...