Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan (1). Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran problem based learning, (2). Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi pokok program linear melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Instrumen yang digunakan adalah (a) lembaran observasi untuk siswa dan guru/peneliti, (b) lembaran panduan wawancara, (c) angket, (d) dokumentasi, (e) tes hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI RPL SMK Negeri 2 Mandrehe Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Berdasarkan pelaksanaan siklus I (pertama) hasil observasi pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran problem based learning mencapai nilai rata-rata 2,22 dan 2,38 dan angket kualitas proses pembelajaran tergolong cukup, sedangkan pada siklus II (dua) hasil observasi pelaksanaan proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran problem based learning mencapai rata-rata 3,22 dan hasil angket tergolong baik sekali. Tes hasil belajar pada siklus I (pertama) diperoleh rata-rata hitung 58,44 dengan kategori kurang. Sedangkan pada siklus II (dua) pelaksanaan tes hasil belajar diperoleh rata-rata hitung 84,53 dengan kategori baik. Dari pengolahan tes hasil belajar siswa pada silkus II ternyata persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 81.44% melampauhi kriteria ketuntasan minimal ideal adalah 75%. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, maka penulis menyarankan sebagai berikut: (1). Hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran matematika. (2). Hendaknya guru lebih mengoptimalkan pemberian motivasi dan merancang proses pembelajaran dengan baik, (3). Hendaknya hasil penelitian ini menjadi bahan perbandingan dalam melaksanakan penelitian selanjutnya ditingkat yang lebih luas.
Copyrights © 2021