Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil penguasaan kosakata siswa, keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan kegiatan muroja’ah siswa dirumah dengan menggunakan metode tabarak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Model penelitian ini menggunakan model hopskisikn dengan empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1D PAUD Rumah Qur’an Al-Kamal Makassar. Metode pengumpulan data diperoleh dari tes dan observasi dengan teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I yaitu 25% dan nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus II yaitu 70%. Siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I ialah 1 orang (20%) dan pada siklus II ialah 5 orang (83.33%%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab Paud Kelas 1D Rumah Qur’an Al- Kamal Makassar setelah penerapan metode tabarak.
Copyrights © 2021