Jurnal Patria Bahari
Vol. 1 No. 2 (2021): JPB: NOVEMBER 2021

PEMBENTUKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN PANCASILA DI POLITEKNIK PELAYARAN SORONG (Suatu Telaah Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila)

Gigieh Cahya Permady (Politeknik Pelayaran Sorong)
Gilang Zulfikar (Universitas Pamulang)
Agus Sulistiono (Politeknik Pelayaran Sorong)
Bernard Ferdinan Nugroho Laim (Politeknik Pelayaran Sorong)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2021

Abstract

Pentingnya pembentukan karakter Pancasila di perguruan tinggi. Fokus penelitian ini mengenai tentang mata kuliah Pendidikan Pancasila sebagai salah satu upaya dalam pembentukan karakter kepemimpinan Pancasila pada mahasiswa di Politeknik Pelayaran Sorong. Pentingnya karakter kepemimpinan pancasila ditanamkan kepada mahasiswa agar nilai-nilai Pancasila menjadi barometer kepemimpinan ideal bagi mereka yang kelak akan menjadi seorang pemimpin di bidang profesinya masing-masing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data maupun hasil penelitian dalam bentuk kepustakaan (library research) berupa deskripsi kata-kata. Adapun objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran mata kuliah Pendidikan Pancasila seperti RPS dan buku ajar. Hasil penelitian mengungkapkan pembentukan karakter kepemimpinan Pancasila dalam matakuliah Pendidikan Pancasila dapat ditinjau dari RPSnya terlihat capaian pembelajaran matakuliah pendidikan Pancasila menekankan mahasiswa memiliki sifat religius, kemanusiaan, cinta tanah air, serta mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. Didukung buku ajar dan metode small group discussion dan studi kasus dengan keuntungan mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan bidang keahliannya saja, tetapi juga berkembang keterampilan komunikasi, inisiatif, bekerja dalam kelompok, berbagi informasi, dan penghargaan terhadap orang lain adalah nilai-nilai karakter kepemimpinan Pancasila yang ideal bagi mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Engineering Mechanical Engineering Transportation

Description

Maritime Social and Labour Maritime Safety Safety of Navigation Maritime Security and Piracy Maritime Facilitation Human Element for Maritime Industry Marine Environment Maritime Legal Affairs Marine Engineering Port and shipping Maritime Education and ...