Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Vol 4, No 6 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)

PENGARUH MODEL COMPLEX INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI

Nurhikmah Nurhikmah (Unknown)
Zulkarnain Zulkarnain (Unknown)
Irma Lusi Nugraheni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2016

Abstract

This study was aimed to assess the effect of cooperative learning model of complex instruction type towards geography learning outcomes of second grade of social-sciene students at SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. The research used quasi experimental methods. The population were all students of second grade of social-sciene students and the sample were XI IPS 2 and XI IPS 3. The technique used in this research were observation, documentation, and testing. The data analysis technique used in this research was the simple linear regression analysis. The results shows that there was an influence of cooperative learning model of complex instruction type towards geography learning outcomes of second grade social-science students of SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung, for XI IPS 2 the increase is 8.513%, and XI IPS 3 the increase is 8.481%.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe complex instruction terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Penelitian menggunakan metode ekperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan sampel siswa kelas XI IPS 2 dan siswa kelas XI IPS 3. Teknik yang digunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe complex instruction terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung yaitu kelas XI IPS 2 dengan peningkatan sebesar 8,513 %, dan kelas XI IPS 3 dengan peningkatan sebesar 8,481 %.Kata Kunci: complex instruction, hasil belajar geografi, dan pembelajaran kooperatif

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Earth & Planetary Sciences Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Geografi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal ini berisikan kumpulan karya ilmiah dalam bentuk artikel baik berupa skripsi, tesis, ataupun ...